oleh

Wow Hebat, Anggota TNI Ini Produksi Jamban Dan Dibagikan Pada Masyarakat

News Satu, Banyumas, Senin 6 Nopember 2017- Anggota TNI wijayakusuma Korem 071/Wk ini membuat 50 kloset jamban. Kemudian hasil produksi tersebut diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama warga miskin dan tidak mampu di empat desa diwilayah Kemranjen Banyumas, Jawa Tengah (Jateng). Keempat desa tersebut yakni Desa Sibrama, Desa Sibalung, Desa Kecila dan Desa Kebarongan Kec. Kemranjen Kab. Banyumas.

Penyerahan ke 50 kloset duduk dan beberapa material lainnya sekaligus dilaksanakannya program jambanisasi Korem 071/Wk Semester II TA.2017, dilakukan oleh Pasi Bhakti TNI Siterrem 071/Wk Mayor Arm Agus Haryono mewakili Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi, disaksikan perangkat desa dan Forkopicam setempat.

Wow Hebat, Anggota TNI Ini Produksi Jamban Dan Dibagikan Pada Masyarakat2Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi melalui Pasi Bhakti TNI Siterrem 071/Wk Mayor Arm Agus Haryono menyampaikan, bantuan jambanisasi tersebut untuk membantu kesulitan masyarakat sekelilingnya serta membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyatakat melalui pembangunan sarana dan prasarana fasilitas umum khususnya pembuatan jambanisasi bagi warga miskin dan tidak mampu.

“Kita berikan dan kita buatkan jamban, agar masyarakat kita dapat hidup sehat, bersih, aman dan nyaman dalam menjalani kehidupannya,” katanya Senin (6/11/2017).

Dikatakan pula bahwa jambanisasi ini tidak hanya dilakukan oleh Makorem 071/Wk saja, melainkan juga dilaksanakan oleh seluruh Kodim jajaran Korem 071/Wk. Sebab, program ini merupakan perintah langsung dari komando atas yang setiap tahunnya dilaksanakan dalam rangka membantu kesulitan rakyat sekelilingnya dan agar mereka selalu menjalani hidup sehat dalam kehidupannya.

“Target kita diseluruh Kodim jajaran Korem 071/Wk ada 3.792 unit jambanisasi. Dan walaupun ada target yang diberikan oleh komando atas kepada satuan kewilayahan, namun Korem 071/Wk akan terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat sekelilingnya baik dalam mensukseskan program jambanisasi maupun dalam kegiatan lainnya yang menyentuh masyarakat sekelilingnya,” ujarnya.

Jambanisasi ini khususnya kloset duduk sebagai piranti lunaknya, merupakan hasil karya kita sendiri prajurit Wijayakusuma Makorem 071/Wk yang membuatnya.

“Kita buat kloset duduk ini, karena kita lihat situasi barang material dipasaran khususnya tentang piranti lunaknya yakni kloset duduk dan material lainnya, nilainya sangat tinggi. Maka dengan inisiatif dan prakarsa Danrem 071/Wk, kita coba kembangkan kemampuan dan keterampilan prajurit untuk dapat berkarya secara mandiri membuat kloset duduk dan beserta piranti lunaknya dalam jambanisasi ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, meski dalam proses belajar dalam membuat kloset jamban ini, ternyata hasilnya cukup bagus.

“Alhamdulillah, walaupun baru tahap belajar untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan prajurit Wijayakusuma, dengan disertai semangat tinggi, kloset duduk dan piranti lainnya dalam jambanisasi ini dapat berhasil dengan baik dan memuaskan. Hasilnya sungguh memuaskan dan hampir sama dengan produk pabrikan yang biasa dijual di toko-toko material bahan bangunan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ponidi (54) warga RT.02/01 Desa Sibalung Kec. Kemranjen Kabupaten Banyumas, penerima bantuan jambanisasi mengungkapkan apresiasinya atas diberikan dan dibuatkannya jamban dirumahnya. Dikatakannya ia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada TNI khususnya Korem 071/Wk atas diberikan dan dibuatkannya jamban untuk keluarganya.

“Alhamdulillah, berkat bapak TNI dari Korem 071/Wk, dirumah saya ada jamban. Sehingga saya dan keluarga tidak repot lagi jika akan buang hajat. Terima kasih TNI, yang telah memperhatikan kesulitan kami sekeluarga dengan memberikan dan membuatkan jamban untuk kami sekeluarga,” tuturnya. (Di2/RN2)

Komentar

News Feed