oleh

Bupati Bondowoso Bersama PT GGP Akan Melakukan Tindak Lanjuti Penanaman Pisang Cavandis

News Satu, Bondowoso, Rabu 11 Maret 2020- PT. Great Giant Pineapple (GGP) selaku eksportir pisang cavandish menemui Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin di Pendapa Bupati. Pertemuan tersebut tidak lain dilakukan untuk membahas tindak lanjut rencana penanaman pisang cavendish yang bakal dikembangkan secara kemitraan bersama masyarakat Bondowoso.

Bupati Bondowoso melalui Sekretaris Daerah Syaifullah berharap pengembangan pisang cavendish menjadi langkah tepat untuk memajukan pertanian Bondowoso. Menurutnya, peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan baik karena di Indonesia hanya beberapa Kabupaten yang ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk mengembangkan buah pisang jenis tersebut.

“Ini peluang bagus ,ini langkah maju bagi pertanian Bondowoso. Karena di Indonesia hanya beberapa Kabupaten yang ditunjuk oleh pemerintah pusat,” katanya.

Sementara Corporate affair PT. GPP, Willy Sugiono mengungkapkan, pihaknya akan membantu mengoptimalkan potensi daerah Kabupaten Bondowoso. PT. GPP bakal mengawal seluruh proses penanaman, mulai dari pengadaan bibit, proses perawatan hingga menampung hasil pertanian.

“Kita membantu mengembangkan apa yang ada di daerah. Kita tanam yang baik sehingga hasilnya 100% kita yang beli,” ungkapnya.

Menurutnya, langkah yang diambil Pemkab Bondowoso melalui Dinas Pertanian sudah tepat. Sebab, pisang cavendish yang bakal dikembangkan telah berkwalitas ekspor yang tentunya memiliki nilai ekonomis tinggi.

“Jenis ini memiliki nilai ekonomis. Akan diekspor ke saudi arabia. Kita jual dalam bentuk buah segar,” terangnya.

Ia optimistis proyeksi pengembangan pisang cavendish berjalan lancar. Sebab, selain adanya kesungguhan dari Pemkab Bondowoso, pihaknya juga menilai secara geografis Bondowoso yang dominan akan dataran tinggi sangat cocok untuk pisang cavendish tumbuh.

“Hidupnya bagus di dataran tinggi sekira 500,” pungkasnya. (Rokib)

Komentar