oleh

Bupati Bondowoso, Kemampuan Daerah Sangat Tergantung Pada Pusat Dan Provinsi

News Satu, Bondowoso, Rabu 7 April 2021- Bupati Bondowoso, Jawa Timur, KH. Salwa Arifin, membacakan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban(LKPJ) Tahun anggaran 2020  pada Paripurna Dewan Perwaklian Rakyat Daerah (DPRD).

Dalam laporan penyampaian LKPJ dapat menjadi suatu sarana untuk melakukan evaluasi atas penyelenggaran pemerintah daerah. Pihaknya juga memaparkan mengenai pengelolaan keuangan daerah selama 2020.  Yang ada beberapa point diantarnya realisasi Pendapatan Daerah.

“harapan kami penyelenggaraan otonomi daerah dapat berjalan lebih baik lagi. Guna mendorong penyelenggaraan otonomi daerah yang efisien, efektif dan bertanggung jawab pada masa yang akan datang,” katanya, Rabu (7/4/2021).

Lanjut Bupati Salwa, pendapatan Daerah pada tahun 2020, mencapai Rp 1.941 triliun lebih. Atau mencapai 100,72 persen dari target yang ditetapkan. Untuk target pendapatan Kabupaten Bondowoso sebesar Rp 1.927 triliun lebih.  Kalok untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) kata dia, sepanjang 2020 baru mencapai 11.47 persen dari seluruh pendapatan.

“Hal tersebut, menunjukan bahwa kemampuan/kemandirian daerah masih sangat bergantung dari dana pusat dan Provinsi,” jelasnya.

Maka dari itu,  menjadi tantangan bagi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan PAD.sekaligus menjadikan peluang untuk mengoptimalkan penerimaan pendapatan sesuai dengan potensi  daerah yang dimiliki. (Rokib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.