oleh

Bupati Bondowoso Resmikan 5 Puskesmas

News Satu, Bondowoso, Jumat 20 Desember 2019- Bupati Bondowoso, Jawa Timur, KH. Salwa Arifin meresmikan 5 Puskesmas sekaligus. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.

Adapun lima Puskesmas dimaksud, yakni Puskesmas Pujer, Tamanan, Wringin, Klabang dan Puskesmas Binakal. Ditambah ada dua lagi, yakni rehab Puskesmas Ijen dan Puskesmas Pembantu di Walidono.

Kepala Dinas Kesehatan, Muhammad Imron,dalam Laporan nya, menjelaskan, bahwa sumber anggarannya ada tiga macam diantara Ada DAK (dana anggaran khusus). Yakni DAK reguler dan DAK a8firmasi. Kedua pajak rokok, dan ketiga dari cukai.

“Adapun pembangunan fisik Puskesmas Pujer menelan anggaran Rp 1,3 miliar. Puskesmas Tamanan Rp 1,4 miliar, Binakal Rp 870 juta, kemudian Wringin dari dana afirmasi sebesar Rp 3,2 miliar, dan Klabang Rp 3,5 miliar,Jelasnya.

Sementara untuk Puskesmas Ijen, menelan biaya Rp 450 juta lebih, dan Pustu Walidono menelan biaya Rp 570 juta.

“Semua anggaran ini kita upayakan semaksimal mungkin untuk pembangunan. Tentu ini satu komitmen, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kami,” paparnya.

Lanjut dia, bahwa  Tahun 2020 direncanakan juga dilaksanakan pembangunan fisik. Yakni salah satunya di Puskesmas Grujugan, yang akan dilakukan pembangunan besar-besaran.

Di temapat yang sama, Bupati Salwa Arifin mengatakan, bahwa pembangunan gedung tersebut, merupakan upaya memenuhi salah satu hak masyarakat, yakni untuk memperoleh akses pelayanan kesehatan.

“Pembangunan kesehatan harus dilaksanakan, karena investasi bagi sumber daya manusia dan pembangunan. Serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan,” katanya.

Oleh karena itu kata bupati, Pemkab menjadikan kesehatan sebagai salah satu prioritas utama. Sebagaiman tertuang dalam salah satu misi Pembangunan Pemkab Bondowoso. “Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul, dengan meningkatkan derajat kesehatan,” sambungnya.

Menurutnya, rehab gedung Puskesmas merupakan bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu, kualitas dan kuantitas. “Khususnya dalam hal penyediaan sarana dan prasarana di bidang kesehatan,” paparnya.

Adapun peresmian lima gedung Puskesmas yang dibangun Pemkab Bondowoso ini, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh Bupati Salwa Arifin, di Puskesmas Pujer. (Rokib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.