BONDOWOSOHEADLINENEWSPEMERINTAHANPEMKAB BONDOWOSOREGIONAL

Bupati Bondowoso Santuni Ratusan Anak Yatim

123
×

Bupati Bondowoso Santuni Ratusan Anak Yatim

Sebarkan artikel ini
Bupati Bondowoso Santuni Ratusan Anak Yatim
Bupati Bondowoso Santuni Ratusan Anak Yatim

News Satu, Bondowoso, Jumat 30 April 2021- Bantuan Amil Zakat (Basnas) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, santuni Ratusan Anak yatim. Santunan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Salwa Arifin Secara simbolisdi Pendopo Kabupaten, Kamis (30/4/2021).

Dari 305 anak yatim mendapatkan perhatian orang mendapatkan Rp 300ribu dari pemkab melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin menyatakan bangga karena Baznas telah aktif menjalankan tugas-tugasnya untuk mengelola zakat.

“Terima kasih kepada Baznas atas program yang dilaksanakan saat ini. Saya merasa bangga,” katanya.

Berdasarkan laporan kemampuan dana yang dihimpun oleh Baznas Bondowoso untuk tahun ini hanya sekitar Rp 900 juta. Bupati berharap ke depan Baznas lebih meningkatkan kembali penarikan zakat yakni dengan jemput bola.

“Harus Baznas yang mengambil, bukan hanya sekedar instruksi atau saran. Bukan muzakki yang membayar, tapi para Badan Amil Zakat ini harus ada peran aktif,” jelasnya.

Bupati Salwa berharap, manakala Baznas berperan lebih aktif lagi, maka potensi untuk meningkatkan perolehan penarikan zakat di Bondowoso diperkirakan bisa lebih dari Rp 1 miliar. Karena, jika melihat jumlah ASN yang bisa menjadi muzakki saja mencapai Rp 8ribuan lebih.

“Kalau di hitung itu bisa Rp. 4 miliar. Kalau kita aktif, mampu dan Banznas harus berdaya. Silahkan lengkapi kepengurusan di tiap-tiap kecamatan, seperti OPZ (Organisasi Pengelola Zakat),” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IV Bag. Keuangan Baznas Bondowoso, Imam Sarojo menerangkan bahwa untuk meningkatkan pendapatan Baznas. Pihaknya telah membentuk UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) di 20 Kecamatan.

“UPZ tiap kecamatan. Hampir 20 Kecamatan. Kita upayakan, semampunya kita,” pungkasnya. (Rokib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.