News Satu, Bondowoso, Senin 27 Juni 2022- Bupati Salwa Arifin melepas keberangkatan 314 calon jemaah haji (CJH) di timur Pendopo kabupaten.

Tampak, para CJH tersebut diangkut dengan bus sebanyak tujuh armada. Mereka akan diantar hingga asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Bupati Salwa Arifin, mengatakan, masyarakat muslim di Bondowoso tentu berbahagia setelah hampir dua tahun tak ada keberangkatan haji karena pandemi Covid-19. Kini, akhirnya bisa memberangkatkan CJH ke tanah suci.

“Mudah-mudahan nanti di tanah suci bisa menjalankan haji dengan sempurna,” ujarnya.

Ia pun mengingatkan para CJH agar menjaga kesehatan, yakni dengan menjaga pola makan, minum, serta istirahat yang teratur.

Selain itu, CJH diharapkan agar juga mematuhi aturan yang ditetapkan baik oleh petugas haji atau pun oleh pemerintah Arab Saudi.

“Yang penting ini jaga nama baik Indonesia.Tetap menjaga perilaku, sopan santun, adab, berakhlaqu karimmah. Jangan bertindak sendiri, selalu koordinasi dengan pendamping,” pesan Bupati Salwa.

Ia pun meminta kepada para CJH agar mendoakan kabupaten Bondowoso, menjadi kabupaten yang kondusif, aman, tentram, dan masyarakatnya sejahtera.

Sementara itu, Kepala Kemenag Bondowoso, Solihul Kirom dalam sambutannya menerangkan, para CJH ini diangkut dengan tujuh armada bus. Yang juga diiringi oleh dua mobil Patwal Polres setempat, sembilan mobil iringan dari Pemkab Bondowoso.

Kemudian juga, ada satu kendaraan rombongan ikatan persaudaraan haji Indonesia, dan dua mobil ambulance.

“Mereka dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 25 Juni 2022 pukul 07.00 WIB. Selanjutnya akan berangkat pada 26 Juni 2022 pukul 01.15 Wib,” ujarnya.

Para CJH yang masuk kloter 30 ini, kata Solihul Kirom, dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 6 Agustus 2022 sekitar pukul 04.40 WIB.

“Untuk CJH termuda yakni berusia termuda 21 tahun dari Desa Lumutan, Kecamatan Botolinggo. CJH tertua 65 tahun warga Desa Kabuaran, Kecamatan Grujugan,” pungkasnya. (Rokib) 

Komentar