Jelang Ramadhan Tanpa Jaga Jarak, Bupati Salwa Ajak Masyarakat Sadar Bervaksin

News Satu, Bondowoso, Senin 21 Maret 2022- Menjelang ramadhan 2022, Bupati Salwa Arifin mengajak masyarakat untuk lebih sadar bervaksin.

Agar nantinya, pelaksanaan ibadah di bulan ramadhan bisa berada pada level 2. Sehingga, bisa beribadah tanpa jaga jarak lagi.

Ini disampaikannya usai melaksanakan Safari Jum’at, di Masjid Raudlatul Hasan, Desa Kasemek, Kecamatan Tenggarang. Jum’at (18/3/2022).

“Kemungkinan kalau sudah turun ke level 2, mungkin tanpa harus menjaga jarak. Kemungkinan, kalau sudah situasinya berubah,” ujarnya.

Untuk itulah, dirinya kesadaran masyarakat untuk bervaksin sangat penting. Karena, perubahan level pun terkait dengan capaian vaksinasi.

“Yang namanya vaksin harus kita tekankan, karena itu adalah kuncinya,” tuturnya.

Sementara itu, perwakilan dari Satgas Kabupaten Bondowoso, Agung Tri Handono, menjabarkan, bahwa saat ini level Bondowoso masih tiga. Dengan capaiannya yakni vaksin dosis ke dua masih 55 persen, vaksin dosis satu ada 74 persen. Sementara untuk Lansia masih 38.

Untuk bisa turun ke level 2, capaiannya untuk dosis ke dua umum 70 persen, dan Lansia 40 persen.

Artinya, masing-masing capaian vaksinasi masih ada kekurangan untuk dosis ke dua sekitar 15 persen. Dan untuk Lansia masih kurang sekitar 2 persen.

“Nanti kalau sudah level 2, berarti kita sudah bisa normal untuk terawih kita,” ungkapnya, Senin (21/3/2022).

Ia mengaku optimis capaian itu bisab terwujud kendati waktunya sudah mepet. Karena, pihaknya telah mengantongi data masyarakat by name by address.

Selain itu, ketersediaan vaksin sendiri masih ada sekitar 68 ribuan.

Di lain sisi, Kapolres AKBP Wimboko, Bupati Salwa Arifin dan jajaran Forpimda lainnya saat ini turun langsung ke masyarakat.

Mulai dari kegiatan Safari Jumat, hingga Subuh Keliling (Suling) program dari Polres Bondowoso, untuk mengedukasi dan bahkan menggelar vaksinasi.

“Intinya sekarang tidak ada kegiatan lain, yang penting capaian vaksinasi bisa sesuai target. Jadi ukuran turun level itu hanya capaian vaksinasi itu, tidak ada yang lain,” pungkasnya.(Rokib)

Komentar