oleh

Pemkab Dan TNI -Polri Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana

News Satu, Bondowoso, Senin 6 Januari 2020- Pemkab Bondowoso bersama TNI-Polri dan instansi terkait, menggelar Apel Terpadu dalam rangka Siaga Tanggap Bencana yang dilaksanakan Polres Bondowoso, di Alun-Alun RBA Ki Ronggo, Senin (6/1/2020).

Kapolres Bondowoso, AKBP Febriansyah mengatakan, memasuki musim hujan. Banyak warga yang terdampak bencana. Baik banjir, longsor dan puting beliung.

“Maka dari itu pimpinan pusat, mengajak kita semua untuk bersinergi. Dalam hal ini, kita harus siaga tanggap bencana,” katanya, Senin (6/1/2020).

Sinergitas tersebut kata dia, terdiri dari TNI-Polri, BPBD, dan unsur pendukung lainnya.

Kapolres berharap, petugas dan warga senantiasa menjaga kekompakan dan kewaspadaan dalam manghadapi permasalahan. “Mudah-mudahan untuk Kabupaten Bondowoso tidak terjadi apa-apa,” harapnya.

Namun demikian, jika terlanjur terjadi bencana. Maka pihaknya sudah siap dengan segala peralatan, dan personelnya untuk mengatasi.

“Ini merupakan program dari pusat. Di mana Siaga Tanggap Bencana ini, harus kita sosialisasikan,” paparnya.

Dijelaskannya juga, bahwa perlu menyosialisakan kepada masyarakat dalam menghadapi bencana alam.

“Misalnya segera melaporkan ke pihak terkait dan menghindari tempat-tempat yang rawan bencana alam,” paparnya.

Pantauan di lapangan, Polres Bondowoso juga mendirikan posko Tanggap Bencana di Alun-alun. Serta ada juga Posko di tempat-tempat rawan bencana.

Apel Siap Siaga Tanggap Bencana ini, dihadiri langsung Bupati Salwa Arifin. Dalam kesempatan itu, Kapolres Bondowoso dan bupati melakukan pengecekan kesiapan personel dan peralatan penanggulangan Bencana.

Dari hasil data yang di himpun.Awal Tahun 2020 beberapa wilayah di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas tinggi, disertai angin kencang. Termasuk di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Kondisi ini, berpotensi terjadi bencana alam. Mulai banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lain sebagainya.

Bahkan hujan dan angin kencang beberapa kali terjadi di Kabupaten Bondowoso, di penghujung Tahun 2019 kemarin. (Rokib)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.