Peringatan Hari Pahlawan, Satpol PP dan Bea Cukai Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

News Satu, Bondowoso, Sabtu 19 November 2022- Pemerintah kabupaten Bondowoso mengelar jalan-jalan sehat (JJS) dalam rangka memperingati “Hari Pahlawan dan Terjadinya Peristiwa Gerbong Maut”.Acara yang dilaksanakan pada Sabtu (19/11/2022) di Alun-alun Ki Bagus Asra.

Dalam acara tersebut Pol PP bersama Bea Cukai melakukan edukasi dan sosialisasi untuk turut andilnya semua lini dalam menggempur rokok illegal di Bumi Ki Ronggo.

Kasat Pol PP Bondowoso, Selamet Yantoko, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya terus berupaya bersama-sama dengan Bea Cukai Jember untuk memberantas rokok ilegal di berbagai wilayah Bondowoso.

Bahkan, dua pekan lalu pihaknya melakukan sosialisasi dan operasi di beberapa titik wilayah Kota Tape ini.

“Rokok ilegal ini merugikan negara,” jelasnya.

Sementara itu, Widodo, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Bea Cukai Jember, mengatakan, keberadaan rokok ilegal yang justru merugikan bagi negara harus diperangi bersama.

Pasalnya, cukai rokok itu adalah penopang pendapatan negara yang cukup besar. Bahkan satu tahun itu kontribusinya lebih dari Rp 200 triliun.

Di Jawa Timur sendiri lebih dari Rp 2 trilliun. Kalau Bondowoso lebih dari Rp 50 miliar.

“Karena rokok ilegal itu adalah musuh bersama yang harus kita tekan kita kurangi sehingga jangan sampai rokok ilegal itu marak dalam pemasarannya,” urainya.

Melihat ini, kata Widodo, pentingnya semua lini ikut andil memerangi rokok ilegal. Tak terkecuali para peserta JJS yang diselenggarakan oleh pengurus Kwarcab gerakan Pramuka kabupaten Bondowoso ini.

Ditambahkan oleh Sardianto, Bagian Humas dan Penindakan, Bea Cukai Jember, bahwa pajak cukai rokok itu adalah kontribusi terhadap APBN untuk membangun negara.

Dana hasil cukai rokok juga yang diberikan ke Pemda Bondowoso. Ini sebagai apresiasi dari pemerintah pusat dan daerahnya sebagai penghasil atau penyumbang Cukai rokok.

Anggaran ini digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kami juga kepada Bapak Ibu semuanya bahwa adik-adik juga sebagai agen-agen dari kami untuk menginfokan apabila mengetahui atau menemukan adanya rokok ilegal,” pungkasnya.

Untuk informasi, kegiatan JJS ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat.

Seluruh peserta mengikuti JJS ini melewati rute di antaranya yakni, start Monomen Gerbong Maut – jl Jaksa Agung Suprapto – jl Pb Sudirman – jl Teuku Umar – jl Veteran – jl Imam Bonjol – jl Re Martadinata Finish Gerbong Maut. (Rokib)

Komentar