Wabup Serahkan Paket Sembako Bagi Pelaku Seni dan Budayawan

News Satu, Bondowoso, Selasa 19 April 2022- Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat serahkan Bantuan paket sembako dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, kepada pelaku seni dan budayawan di Bondowoso mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 500 ribu, di Aula Graha Ijen.

Wabup Irwan mengungkapkan, terimakasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Jawa Timur, atas bantuan yang diberikan di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Ini sangat membantu pelaku Seni dan budayawan yang ada di Bondowoso,” singaktnya, Selasa (19/4/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Bondowoso, Moelyadi, mengatakan, bantuan tersebut tak hanya untuk Bondowoso. Melainkan hampir di seluruh kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur.

“Ini bukan hanya di kabupaten Bondowoso melainkan seluruh Jawa Timur. Kurang lebih 1.000 seniman dan budayawan se Jatim,” katanya.

Ia mengaku apresiasi atas bantuan tersebut. Karena memang di tengah-tengah virus Corona yang masih melanda saat ini bantuan banyak digelontorkan untuk pelaku usaha. Namun untuk pelaku seni dan budaya justru lepas dari pantauan.

Karena itulah, bantuan ini turut menjadi angin segar bagi pelaku seni dan budaya.

“Ternyata alhamdulillah di tahun ini kita dapat juga, khususnya pelaku seni dan budaya,” urainya.

Moelyadi sendiri menyebutkan saat ini geliat budaya dan seni di Bondowoso mulai merangkak naik kendati tak signifikan setelah pandemi Covid-19 mulai menunjukkan penurunan.

Seperti rokat desa mulai berjalan, acara-acara keagamaan yang turut menampilkan budaya dan seni.

“Kemudian kita juga sudah membentuk dewan kebudayaan daerah yang di dalamnya juga ada dewan kesenian juga,” ujarnya.

Keberadaan dewan kebudayaan daerah ini akan melakukan pembinaan, fasilitasi dengan berbagai pihak.

“Disini sudah ada organisasinya yang menampung para pelaku seni dan budaya,” pungkasnya.(Rokib)

Komentar