oleh

BMKG; Warga Brebes Waspada Angin Puting Beliung

News Satu, Brebes, Minggu 6 Januari 2019- Memasuki musim hujan di wilayah Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau warga untuk selalu waspada terhadap angina puting beliung, karena pada saat hujan deras biasanya disertai dnegan angina kencang.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tegal, Kaharuddin mengatakan ada beberapa titik yang rawan terjadi angina puting, seperti di wilayah Brebes Selatan dan tengah berpotensi rawan terjadinya serangan angin lisus atau puting beliung.

“Kami menghimbau kepada masyarakat untuk waspada akan terjadinya angin puting beliung di musim hujan tahun ini,  dan selain itu potensi rawan longsor di beberapa wilayah,” katanya, Minggu (6/1/2019).

Lanjut Kaharudin,  kecepatan angin diperkirakan mencapai 60 sampai 63 km/jam, angin puting beliung atau orang jawa menyebutnya angin lisus memiliki ciri dan tanda – tanda saat akan menghantam atau menerjang. Jadi waspada jika datangnya udara akan terasa lebih panas dan lembab. Serta awan putih yang berlapis, diantara awan tersebut ada awan dengan batas warna abu – abu menjulang tinggi.

“Selanjutnya saat awan mulai berubah menjadi pekat kehitamaman, pada saat itu mulai adanya potensi angin menembus ranting pohon dan daun – daun bergoyang tertiup angin kencang disertai hembusan angin dingin, ini bertanda angin puting beliung mulai menghantam,” urainya.

Untuk menghadapi musim hujan dan mengatisipasi adanya bencana pihaknya telah mengadakan kerjasama dengan pihak intansi terkait membentuk Satuan Penanggulangan Bencana. SPB ini langsung dikomandoi oleh Dandim 0713 Letkol Infantri Faisal Amri, beranggotakan jajaran TNI, POLRI, BPBD, SATPOL PP, Dinsos, Dishub, Dinas PU, Palang Merah Indonesia Pemkab Brebes, BMKG, Linmas, Ormas serta para relawan masyarakat.

Dandim 0713 Brebes Letkol. Inf. Faisal Amri mengatakan, pihaknya akan segara melakukan upaya- upaya baik mensosialisasikan kepada warga masyarakat maupun melakukan loksai – lokasi evakuasi.

“Semoga saja tidak akan terjadi, akan tetapi tetap kita semua harus waspada akan datangnya bencana baik potensi puting beliung maupun bencana longsor, memang wilayah Kabupaten Brebes renta dengan bencana longsor terutama dibagian pegunungan,” pungkasnya. (M. Yadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.