HEADLINENEWSPEMKAB SUMENEPREGIONAL

Bupati Busyro; Pembangunan Sumenep Harus Tepat Dan Cepat

212
×

Bupati Busyro; Pembangunan Sumenep Harus Tepat Dan Cepat

Sebarkan artikel ini
Bupati Busyro; Pembangunan Sumenep Harus Tepat Dan Cepat
Bupati Busyro; Pembangunan Sumenep Harus Tepat Dan Cepat

News Satu, Sumenep, Senin 12 Maret 2018- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) harus menjadi sebuah bahan evaluasi untuk pembangunan kedepannya, baik dari pelaksanaan hingga kelemahan dan hambatannya.

“Musrenbang tahun ini harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh, agar bisa menentukan program apa saja yang harus berlanjut dan program perlu perbaikan ditahun selanjutnya, demi pembangunan Sumenep dimasa mendatang,” kata Bupati Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si, Senin (12/3/2018).

Oleh akrena itu, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mengakomodir setuao usulan dari bawah dan mempetimbangkan urgenitas, efektifitas, serta sesuaikan dengan kemampuan anggaran.

“Jika anggaran APBD terbatas, maka program tersebut bisa dicarikan solusi dengan menggunakan pihak lain seperti CSR. Sebab saya menargetkan setiap program pembangunan prioritas harus sesuai di eksekusi dengan tepat dan cepat,” ujar Politisi DPC PKB Sumenep ini.

Lanjut orang nomor satu di Sumenep ini, akselerasi pembangunan yang tinggi di sektor infrastruktur, pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) maupun program lainnya, jangan sampai mengorbankan pelayanan publik. Oleh karena itu, program pelayanan publik juga bisa berjalan dengan program lainnya, sehingga dalam menentukan keberhasilan program pembangunan harus berdasarkan indikator dan data yang valid.

“Untuk mengejar ketertinggalan inovasi, tidak harus menyaingi dengan inovasi lain, namun lakukan kolaborasi-kolaborasi inovasi sesuai kebutuhan masyarakat Sumenep dalam upaya mencapai target pembangunan,” tandasnya.

Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Sumenep mulai dari Musrenbang Desa hingga Kecamatan. Untuk proses perencanaan pembangunan tahun ini menggunakan e-Planing, sehingga program usulan mulai dari Desa dan Kecamatan itu sudah melalui e-Planing.

“Menindak lanjuti program usulan Desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumenep, akan dimasukkan dalam E-Planing , untuk proses tahapan perencanaan pembangunan di pembahasan selanjutnya,” pungkasnya. (Roni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.