oleh

Manfaat Investasi Bagi kehidupan Finansial

News Satu, Jakarta, Rabu 29 Agustus 2018- Berbicara mengenai investasi tentu saja sudah tak asing lagi dengan pendengaran kita, karena investasi sekarang ini sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita. Apa sih yang di sebut dengan investasi itu?. Artikel ini dikirim oleh Mazroatul Ilmiah ke redaksi News Satu, pada Rabu (29/8/2018).

investasi berasal dari kata investire yang berarti memakai atau menggunakan. Berdasarkan arti tersebut pengertian investasi adalah memberikan sesuatu kepada orang lain untuk dikembangkan dan hasil dari sesuatu yang dikembangkan tersebut akan dibagi sesuai dengan yang diperjanjikan.

Sedangkan menurut para pakar ekonomi, Investasi adalah pengeluaran penanam modal maupun perusahaan untuk membeli barang-barang modal dan juga perlengkapan produksi untuk menambah kemampuan untuk memproduksi barang serta jasa yang tersedia dalam perekonomian dan investasi merupakan kegiatan membeli dari modal benda yang fungsinya tidak untuk digunakan saat ini tetapi di waktu mendatang. Sedangkan Tujuan dari berinvestasi adalah untuk memiliki keuntungan di masa depan.

Investasi dibedakan atas 2 jenis yaitu investasi non residential, contohnya berupa pabrik atau mesin, dan investasi residential yaitu rumah. Nah, jenis produk investasi yang banyak dipilih biasanya berupa surat berharga, saham atau obligasi, rumah, tanah dan lainnya. Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam memilih jenis investasi yang sesuai kebutuhan dan karakteristik usaha.

Investasi dalam Kehidupan Finansial

Investasi dan kehidupan finansial pastinya sangat berkaitan. Masing-masing jenisnya memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Jadi, gak heran saat setiap orang memilih investasi yang disesuaikan dengan tujuan finansial mereka. Contohnya saja, investasi properti seperti tanah, ruko, toko dan rumah. Karena harga tanah terus meningkat setiap tahunnya, maka investasi tanah yang dipilih akan sangat menguntungkan.

Ditambah lagi, jumlah pertumbuhan penduduk yang kian meningkat menyebabkan kebutuhan rumah juga semakin meningkat. Jadi, investasi jenis ini sangat dianjurkan dan realitanya paling diminati.Ada juga sebagian orang yang menginvestasikan uangnya untuk pendidikan diri sendiri, pasangan dan anak-anak.

Hal ini berhubungan dengan kemajuan teknologi dan pendidikan yang semakin tinggi. Dengan pendidikan tinggi, seseorang akan bisa memiliki pekerjaan mapan dan penghasilan yang tinggi pula di masa depan.

Investasi saham juga sering dilirik para investor karena perusahaan akan bisa mendapatkan keuntungan dari hasil kerja saham. Tapi, ada juga beberapa jenis investasi saham yang merugikan karena berada dalam lingkup yang gak stabil, misalnya krisis moneter.

Meskipun memiliki banyak tujuan secara finansial, investasi bukannya tanpa risiko. Apabila seseorang melakukan investasi lalu usahanya gagal, maka bukan keuntungan, tapi kerugian yang akan diperoleh.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab dari gagal nya berinvestasi diantaranya yaitu bencana Alam, penipuan, regulasi pemerintah serta buruknya strategi marketing. Bebrapa hal tersebut dapat memicu terjadi nya gagal investasi.

Manfaat Investasi terhadap kehidupan Finansial :

Menambah peluang penghasilan

Dengan melakukan investasi kita dapat menambah peluang penghasilan kita, karena seperti yang dikatakan oleh Investor ternama Warren Buffet :

“jangan meletakkan telur didalam satu wadah”

Artinya adalah kita harus berinvestasi dengan diversifikasi investasi dari penghasilan kita. Sehingga, saat waktunya dipanen, penghasilan akan berasal dari berbagai sumber (tidak hanya dari satu sumber). Jumlahnya pun bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis dan nominal investasi.

Memperluas wawasan tentang sumber dana

Seorang investor biasanya akan memiliki banyak link dari ranah bisnis. Dengan demikian, wawasan tentang sumber dana dan permodalan akan semakin tinggi.

Mengasah tanggung jawab dan rasa percaya diri

Sikap bertanggung jawab dan rasa percaya diri adalah dua hal yang bisa semakin bertambah jika kita melakukan investasi. Secara finansial, tanggung jawab keuangan terhadap keluarga, perusahaan dan pribadi akan meningkat. Sedangkan, rasa percaya diri juga terasah saat melakukan investasi, terutama jika kita terjun langsung dalam usaha yang terkait investasi.

Investasi dapat memberikan kehidupan finansial yang sukses. Dengan berinvestasi, kita memiliki kesempatan untuk memiliki keuntungan lebih besar selain penghasilan rutin bulanan. Jadi, jangan ragu-ragu lagi untuk melakukan investasi karena denga melakukan investasi kita akan mendapatkan beberapa hal diatas dan hal-hal yang lain, mulailah investasi dari semenjak dini untuk mempersiapkan masa depan yang baik.(red-Ina)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.