oleh

Jokowi Hidupkan Lagi Wacana Pemindahan Ibu Kota

News Satu, Jakarta, Senin 29 April 2019- Wacana pemindahan Ibu Kota Negara sejatinya bukan hal baru bagi negara-negara asing, namun ini menjadi salah satu pokok pembicaraan penting yang sudah masuk dalam rencana startegis nasional pemerintah Indonesia.

Presiden Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin (29/4/2019) memimpin Rapat Terbatas mengenai Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibukota di Kantor Presiden.

Tampak hadir sejumlah menteri terkait, diantaranya Menteri PPN / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Dalam arahan yang disampaikannya, Joko Widodo mengatakan, untuk menjadi negara maju, maka Indonesia harus memiliki ibu Kota yang berdaya saing. Jokowi juga mempertanyakan kondisi DKI Jakarta di masa mendatang, apakah masih mampu dalam memikul beban sebagai ibukota negara yang menjadi pusat pemerintahan dan layanan publik, sekaligus sebagai pusat bisnis dan industri.

“Beberapa negara sudah mengantisipasi perkembangan negaranya di masa yang akan datang dengan memindahkan pusat pemerintahannya. Saya kira, kita contohkan banyak sekali, baik Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan. Kita ingin, kita berpikir visioner untuk kemajuan negara ini,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi turut pula mengingatkan, diperlukan persiapan yang matang mulai dari sisi pemilihan lokasi, kesiapan infrastruktur, dan juga pembiayaan keseluruhan yang tentunya berjumlah besar.

“Memindahkan ibu kota memerlukan persiapan yang matang, detail, baik dari sisi pilihan lokasi yang tepat, termasuk dengan memperhatikan aspek geopolitik, geostrategis, kesiapan infrastruktur pendukungnya dan soal pembiayaannya. Tapi saya meyakini kalau dari awal disiapkan dengan baik, maka gagasan besar ini akan bisa kita wujudkan,” pungkas Jokowi (Wahyu/Rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.