HEADLINEHUKRIMJAKARTANASIONALNEWSNEWS SATUSATLANTAS

Kakorlantas Polri Gelar Ramp Check Di PO Bus Jackal Holidays

632
×

Kakorlantas Polri Gelar Ramp Check Di PO Bus Jackal Holidays

Sebarkan artikel ini
Kakorlantas Polri Gelar Ramp Check Di PO Bus Jackal Holidays
Kakorlantas Polri Gelar Ramp Check Di PO Bus Jackal Holidays

News Satu, Jakarta, Rabu 29 Mei 2024- Korps Lalu Lintas Polri menggelar ramp check pada PO Bus Jackal Holidays di Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat. Pengecekan ini dipimpin langsung oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan, yang menyoroti pentingnya standar keselamatan pada kendaraan bus pariwisata dan bus antar kota dan antar provinsi (AKAP).

“Kami dari Korlantas sejak tanggal 15 Mei lalu sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan mengenai pembangunan bus pariwisata yang berkeselamatan,” ujar Irjen Pol Aan Suhanan, Rabu (29/5/2024).

Irjen Pol Aan Suhanan menyebutkan bahwa ramp check telah dilakukan di seluruh Indonesia, dengan total 5.283 bus diperiksa. Dari jumlah tersebut, 4.435 bus dinyatakan layak secara administratif maupun fisik, sementara 834 bus tidak memenuhi standar keselamatan di 262 lokasi pemeriksaan yang dilakukan bersama Kementerian Perhubungan. Namun, masih ada pengusaha bus yang mengabaikan standar keselamatan.

“Banyak yang tidak melakukan uji laik secara berkala, ditemukan beberapa KIR yang sudah mati atau tidak berlaku. Ada juga kendaraan yang secara fisik tidak laik jalan,” jelasnya.

Kakorlantas Polri mengimbau masyarakat yang akan menggunakan bus pariwisata untuk melakukan pengecekan kelayakan bus melalui website Spionam dan Mitra Darat dari Kementerian Perhubungan, atau bertanya langsung ke pool bus.

“Jangan ragu untuk melihat, bertanya kepada pengusaha bus, dan jangan cari yang murah tapi tidak menjamin keselamatan,” tegasnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Pol Wibowo, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, dan Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Cornelis Ferdinand Hotman Sirait. (Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.