oleh

Pemerintah Bagikan 500 Sertifikat Pada Warga

News Satu, Jakarta, Senin 7 Januari 2018- Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang memberikan 500 sertifikat tanah dari 1684 sertifikat secara gratis kepada masyarakat di Kabupaten Bener Meriah.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Sofyan A djalil mengatakan, pada tahun 2018 untuk kabupaten Bener Meriah ditargetkan 2455 sertifikat, namun tidak semua tanah dapat disertifikatkan. Sebab, ada beberapa kendala seperti dokumen dan lain sebagainya, sehingga yang dapat di proses sebanyak 1684 sertifikat.

“Pada hari ini sebanyak 500 penerima sertifikat,” katanya, Senin (7/1/2019).

Menurut Sofyan keberaaan sertifikat tanah sangat penting dimiliki masyarakat sebagai jaminan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki serta dapat digunakan untuk jaminan pinjaman danadari  perbankan. Namun demikian ia mengingatkan kepada masyarakat agar menghitung secara matang antara jumlah pinjaman dengan kemampuan membayar, sehingga tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

“Oleh sebab itu kami sarankan kepada masyarakat di dataran tinggi gayo ini setelah mendapatan sertifikat tanah ini jangan kemudian dijual (tanahnya). Tapi gunakanlah untuk kemakmuran ekonomi,” ujarnya

Sofyan A Djalil menambahkan, pemberian sertifikat tanah secara gratis merupakan program presiden Republik Indonesia untuk mempercepat penerbitan sertifikat tanah. Oleh karena itu, ungkapnya, dengan berbagai upaya, penerbitan sertifikat tanah yang sebelumnya hanya mampu 500 sampai dengan 600 ribu pertahun.

“Saat ini mengalami peningkatan drastis, tahun 2018 saja mencapai lebih dari 7 juta sertifikat tanah,” imbuhnya.

Kunjungan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil ke Aceh untuk mewakili Presiden RI Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-15 Kabupaten Bener Meriah. (Wahyu P)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.