Tingkatkan Investasi, Kementerian ATR/BPN Dorong Kepastian Hukum

News Satu, Jakarta, Senin 13 Mei 2024- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menegaskan pentingnya memberikan kepastian hukum terhadap seluruh bidang tanah di Indonesia.

Dalam sebuah konferensi pers pada hari Senin, Menteri AHY mengungkapkan bahwa kepastian hukum tersebut menjadi kunci untuk meningkatkan minat investasi di Indonesia.

“Demi pertumbuhan yang positif, kita harus memberikan kepastian kepada investor. Tanah adalah aset yang mendasar dalam segala aspek, oleh karena itu, kepastian hukum terkait pertanahan sangatlah penting,” ujar Menteri AHY, Senin (13/5/2024).

Lebih lanjut, Menteri AHY menjelaskan bahwa pemerintah tengah berfokus pada upaya meningkatkan perekonomian negara, dengan harapan Indonesia dapat menjadi salah satu negara terkemuka di dunia pada tahun 2045. Salah satu langkah yang diambil adalah melalui peningkatan investasi, yang memerlukan iklim investasi yang kondusif dan kepastian hukum yang jelas.

“Saat ini, kita berada di peringkat ke-16 dalam pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. Namun, kita berharap dapat meraih peringkat Top 5 pada tahun 2045,” tambahnya.

Selain itu, Menteri AHY juga menyoroti pentingnya program Reforma Agraria dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan struktural dengan memberikan akses kepemilikan tanah yang lebih luas kepada masyarakat.

“Dengan memberikan kepastian hukum terhadap pertanahan dan melaksanakan program Reforma Agraria, kita tidak hanya menciptakan iklim investasi yang baik, tetapi juga meningkatkan keadilan sosial dan ekonomi bagi rakyat Indonesia,” tegas Menteri AHY.

Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) juga menegaskan kesiapannya untuk menghadirkan iklim investasi yang kondusif di Indonesia melalui kepastian hukum hak atas tanah bagi investor. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Indonesia dapat terus maju menuju kesejahteraan yang lebih baik bagi seluruh rakyatnya. (Den)

Komentar