Begini Cara Pemkab OKI Tanamkan Literasi Minat Baca Dan Menulis

News Satu, Ogan Komering Ilir, Kamis 23 November 2023- Dalam kegiatan Festival Literasi tingkat Kabupaten tahun 2023, Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar beberapa lomba literasi pelajar.

Terdapat tiga lomba yang digelar, yaitu Lomba bertutur tingkat SD, Lomba Story telling tingkat SMP dan Lomba Pidato Bahasa Indonesia tingkat SMA se-Kabupaten OKI. Masing-masing lomba terdapat 18 peserta dari tingkat SD, SMP dan SMA se-kabupaten OKI yang berlangsung selama satu hari.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Antonio Romadhon, S.Sos., MM dalam laporannya menjelaskan tujuan diadakannya Acara Lomba Festival Literasi ini tentu saja tak hanya sekedar ajang tentang unjuk kebolehan prestasi masing- masing sekolah, namun lebih dari itu lomba ini lebih bertujuan sebagai salah satu wadah bagi siswa untuk menunjukan kretifitas dan prestasi.

“Kegiatan lomba ini juga diharapkan sebagai upaya untuk mendorong keingintahuan dan menambahkan minat baca masyarakat khususnya di kalangan siswa dengan memanfaatkan perpustakaan dan media yang lainnya,” katanya, Kamis (23/11/2023).

Semantara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Ogan Komering Ilir Alexsander, SP., M.Si mengatakan Literasi menjadi hal yang selalu kita tanamkan dan perhatikan, literasi juga dimaknai dengan kemampuan individu untuk membaca, menulis, dan berbicara.

“Kita bersama-sama perhatikan betapa pentingnya minat membaca dan menulis, tentunya di kalangan pendidikan. Generasi muda harus dibentuk bekal kemampuan, agar dapat bersaing di masa depan,” tandasnya.

Alexsander, SP., M.Si juga mengatakan kegiatan lomba ini juga menjadi ajang untuk saling menunjukan kompetensi, kemampuan dan minat para peserta.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan ini menciptakan generasi yang berkualitas, menunjukan kreatifitas dan berprestasi. Kita tentu berharap kelak akan ada penerus yang akan menjadi pemimpin masa depan kabupaten OKI,” pungkasnya. (Hasan)

Baca Juga :  Warga Kelurahan Kutaraya Kabupaten OKI Keluhkan Limbah Dan Infrastruktur

Komentar