News Satu, Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu 22 Desember 2018- Warga Desa Talang Jaya SP 1 Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), bergotong royong melakukan pembersihan lingkungan guna mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Desa (Kades) Talang Jaya Pisyadi SE melalui Seketaris Desa (Sekdes) Edi Sulistyo mengatakan, gotong royong ini bertujuan untuk kebersihan desa menghindari penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Kita lakukan pembersihan untuk mencegah penyakit DBD, karena sangat membahayakan masyarakat,” katanya, Sabti (22/12/2018).

Selain pembersihan warga juga melakukan pengecatan pagar di depan halaman rumah masing-masing dengan cara saling membantu. Untuk itu, ditambahkan Nani Lasiman, pencegahan penyakit DBD sangat penting. Sebab penyakit yang menular disebabkan oleh virus dengue yang sebarkan oleh nyamuk.

Lebih jauh dijelaskan Nani, demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone”, karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang yang rasa retak.

“Demam berdarah ringan menyebabkan demam berdarah tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi,” tuturnya.

Ia menyebutkan demam berdarah bisa juga menyebabkan perdaraan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba, shock dan kematian.

“Demam berdarah merupakan penyakit uang dapat mematikan,” tandasnya.

Kadin Kesehatan OKI,  HM Lubis, SKM.,M.Kes membenarkan, bahwa di musim hujan ini harus waspada akan jamuk berbahaya. Untuk itu, diharapkan masyarakat agar sama-sama membersihkan lingkungan dan juga buanglah bekas plastik pada tempatnya.

“Di musim hujan banyak penyakit seperti gigitan nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah yang mematikan,” pungkasnya. (Hasan)

Komentar

News Feed