Dermaga Internasional Tanjung Tapa, Dari OKI Menuju Dunia

News Satu, Ogan Komering Ilir, Selasa 21 Juli 2020- PT OKI Pulp & Paper membangun terminal khusus internasional (Tersus) untuk kebutuhan ekspor produk olahan bubur kertas ke beberapa negara di Dunia. Dermaga Modern tersebut terletak di Tanjung Tapa, Desa Simpang Tiga Jaya Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel.

Pelabuhan Tanjung Tapa merupakan kawasan terintegrasi dari kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) seluas 650 Hektare kawasan industri pabrik pengolahan bubur kertas yang dikelola Sinar Mas Group. Jarak pabrik utama di Sungai Baung OKI menuju pelabuhan hanya berkisar 63 Km atau 1,5 jam perjalan darat.

Terminal pelabuhan internasional khusus dengan teknologi konstruksi terbaru itu dibangun dengan ukuran platform panjang 450 meter dan lebar 50 meter. Laut sekitar dermaga cukup dalam hingga mampu menampung kapal-kapal besar dan sekali sandar bisa menampung 3 kapal ukuran 75 knot.

Baca Juga :  Pemkab OKI Kedepankan Pencegahan Kebakaran Hutan

Untuk menuju dermaga utama dibangun jembatan penghubung (trestle) yang membentang sepanjang 3.150 meter diatas hutan mangrove. Tidak hanyak pelabuhan internasional, dermaga itu juga terintegrasi dengan kawasan pergudangan yang berdiri diatas lahan seluas 60 Hektare.

Publik Afair PT OKI Pulp & Paper Gadang Harto Hartawan mengatakan terkait perizinan, perusahaan tersebut sudah mengantongi semua perizinan, baik dari pusat maupun daerah.

Komentar