oleh

Gunakan Pakaian Adat, Warga Ogan Komering Ilir Gelar Midang Bebuke Morge Siwe

News Satu, Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu 8 Juni 2019- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) kembali melestarikan tradisi Midang, yaitu karnaval pakaian adat perkawinan di Kayuagung. Acara kegiatan yang merupakan warisan adat budaya dari Kayuagung ini diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Jumat (07/06/2019).

Bahkan untuk membuat kebudayaan ini terus bertahan, Pemkab OKI membuat agenda tahunan “Midang Bebuke Morge Siwe”. Agenda yang diselenggarakan pada suasana hari raya Idul Fitri ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi warga di Bumi Bende Seguguk.

Kegiatan midang ini dilaksanakan secara rutin selama dua hari, pada hari ketiga dan keempat di hari raya Idul Fitri dengan diikuti oleh sebelas Kelurahan di Kayuagung.yang pelaksanaan nya dimulai dari Kelurahan masing-masing dalam Kecamatan Kota Kayuagung (Seputaran Morge Siwe,red) dengan berjalan kaki menuju pendopo dan rumah Dinas Bupati OKI.

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melintasi jalan di setiap Kelurahan yang ada di pinggiran sungai komering hingga sampai kembali ke Kelurahan masing-masing. Kelurahan yang mengikuti Midang Bebuke Morge Siwe pada hari ini, yakni Kelurahan Sukadana,Mangunjaya, Kayuagung Asli, Tanjung Rancing, Perigi dan Kelurahan Kedaton.

Sedangkan, pada Sabtu (8/6/2019) peserta yang mengikuti Midang Bebuke Morge Siwe dari Kelurahan Kutaraya, Paku, Sidakersa, Cintaraja dan Kelurahan Jua-Jua. Pantauan di lapangan pada midang tahun ini, terlihat para peserta melakukan arak-arakan pakaian adat perkawinan “Mabang Handak” (adat perkawinan Kayuagung ) yang diiringi musik tradisional tanjidor sebagai pembatas dari masing-masing kelurahan.

Acara Midang Bebuke Morge Siwe disaksikan oleh banyak pengunjung dari berbagai daerah yang turut hadir, baik dari dalam Kecamatan Kayuagung sendiri maupun dari luar Kecamatan Kayuagung. yang datang menyaksikan dan memadati di pinggiran sepanjang jalan hingga sampai di depan halaman pendopoan Kabupaten rumah Dinas Bupati OKI.

Lanjut Membaca :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.