Kenalkan Nilai Antikorupsi Sejak Dini Lewat Dongeng

News Satu, Ogan Komering Ilir, Sabtu 17 September 2022- Berbagai strategi dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan pencegahan korupsi salah satunya dengan mengenalkan nilai-nilai antikorupsi kepada anak usia dini melalui dongeng.

“Dongeng merupakan satu media penyampaian yang efektif untuk penanaman salah karakter bagi anak-anak,” kata Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana pada Road Show Bus KPK di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Jum’at, (16/9/2022).

Ia menyebut kegiatan-kegiatan tersebut sangat penting untuk menanamkan karakter atau nilai-nilai luhur agar dapat dipupuk sejak usia dini.

Nilai-nilai itu adalah jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras.
“Anak akan mengingat nilai-nilai tersebut dengan mudah karena ada gambaran yang jelas melalui media yang menyenangkan,” ucap Wawan.

Sementara itu, Bupati OKI, H. Iskandar, SE mengatakan kegiatan road show bus yang dilaksanakan oleh KPK sangat bermanfaat bagi masyarakat agar semakin memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari.

“Pencegahan paling efektif itu dimulai dari keluarga. Misalnya ketika Bapak atau Ibu yang bawak oleh-oleh ketika pulang ke rumah itu ditanya sama anaknya dari mana makanan atau minum itu? Nah akan jadi pengingat bagi kita orang tua,” Terang Iskandar.

Pendekatan yang dilakukan KPK menurut Iskandar sangat efektif karena Lembaga Antikorupsi sekelas KPK tidak segan-segan masuk ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk mendongeng agar anak berintegritas tinggi.

“Nilai-nilai ini dapat dikenalkan kepada anak-anak dengan kegiatan sederhana dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Iskandar. (Hasan)

Komentar