Warga OKI Digegerkan Dengan Penemuan Benda Bersejarah Di Sungai

Warga OKI Digegerkan Dengan Penemuan Benda Bersejarah Di Sungai
Warga OKI Digegerkan Dengan Penemuan Benda Bersejarah Di Sungai

News Satu, Ogan Komering Ilir (OKI), Senin 29 Oktober 2018- Warga Kelurahan Perigi, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), digegerkan dengan penemuan benda bersejarah di sungai, seperti perahu dan gerabah.

“Awalnya ditemukan perahu lesung (Perahu Kuno, red), kemudian benda kuno jenis gerabah (kerajinan tangan dari tanah, red) yaitu, Teko air mimun, Guci antiq, Tungku tempat memasak, dan lainnya ada sekitar 8 macam jenis gerabah tersebut,” kata Lurah Kelurahan Perigi, Indra Husin S.Sos M.Si, Senin (29/10/2018).

Benda-benda bersejarah tersebut ditemukan, oleh puluhan anak-anak kampuny yang pada saat itu sedang mandi. Kemudian mereka melaporkan ke kantor kelurahan terkait dengan penemuan benda-benda kuno tersebut.

“Diperkirakan benda tersebut sudah berumur sekitar 1 abad silam jika dilihat dari keunikan motif seni dari benda itu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Untuk saat ini benda-benda tersebut disimpan sementara dikediaman RT 03 Kelurahan Perigi dan rencananya benda tersebut akan dibuatkan tempat khusus untuk menyimpan benda kuno bersama benda-benda bersejarah lainnya yang tentunya asli dari sejarah Kayuagung ini. (Hasan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.