oleh

Berawal Dari Smule, Dashsmunsyid Lestarikan Musik Tradisi Lewat Nasyid

News Satu, Padang, Rabu 12 Juni 2019- Nyanyian merupakan salah satu media yang digunakan oleh para ulama pembawa Islam untuk masuk di Indonesia. Karena lagu adalah media yang efektif dalam menyampaikan syariat Islam pada masyarakat. Hingga saat ini, lagu tetap menjadi media dakwah bagi banyak ulama, nyanyian tersebut saat ini lebih akrab kita kenal dengan sebutan nasyid.

Para ulama pembawa Islam tersebut menggunakan musik tradisi yang sudah berkembang di daerah jaulahnya, agar Islam makin mudah diterima oleh adat dan kebudayaan setempat. Sebagai upaya dalam menyampaikan syariat Islam dan pelestarian musik tradisi yang telah mengakar bagi masyarakat, grup vokal Dashsmunsyid asal Kota Bandung merilis lagu terbarunya yang berjudul Ramadhan Kembali pada hari Rabu 5 Juni 2019 di IslamicTunes, salah satu digital music store dunia.

“Kami ingin menyajikan karya yang easy listening, tapi tetap bisa mengangkat akar budaya untuk semua kalangan, terutama generasimuda milenial yang mungkin sudah menganggap musik tradisional adalah musik kuno yang ketinggalan jaman,” kata Djanuarhand, salah seorang Panel di grup nasyid Dashsmunsyid, saat diwawancarai, Rabu (12/6/2019).

Dengan memasukkan unsur seni tradisional angklung dari Jawabarat yang sudah dikenal dunia sebagai warisan budaya tradisional Indonesia, menjadi sumber inspirasi tersendiri bagi Dashsmunsyid untuk mengenalkan secara lebih modern dalam unsur musik nasyid.

“Karena member Dashsmunsyid berasal dari beragam kota, suku serta budaya. Tidak tertutup kemungkinan pada next project kami akan memasukkan unsur musik tradisional dari daerah lain,” ungkapnya.

Djanuar mengatakan, Lagu Ramadhan Kembali adalah lagu ke duanya dengan covering lagu milik Justice Voice. Pesan lagu ini agar umat muslim yang sangat merindukan hadirnya bulan suci hendaknya menyambut Ramadhan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan, sebagai bentuk taqwa dan keimanan terhadap Allah yang dituangkan dalam bentuk syair nasyid ajakan.

“Untuk lagu pertama yang pernah kami rilis berjudul  ‘Satu Hari di Hari Raya’ featuring dengan Suby Ina,” ujarnya.

Lanjut Membaca

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.