20 Pemantau Tembakau Pelototi Tataniaga Tembakau dan BEP di Pamekasan 

News Satu, Pamekasan, Jum’at 2 September 2022- Pemerintah kabupaten Pamekasan Jawa timur terus berupaya menstabilkan harga komoditas tembakau setiap tahunnya. Tak hanya itu Tatakelola niaga perdagangan dan pergudangan juga dipantau selama musim tanam tiba dengan seksama selama sebulan penuh oleh tim khusus.

Berbagai instrumen aturan dan monitoring dilakukan sebagai wujud perlindungan dan kehadiran pemerintah daerah untuk kesejahteraan masyarakat dan petani tembakau. Karenanya sumberdaya manusia untuk melakukan kebijakan itu juga ditata dan diketahui secara baik dan sesuai aturan yang berlaku selama sebulan ini.

Tak ayal jika Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan melalui Bidang Pembinaan dan Perlindungan Disperindag Kabupaten Pamekasan melakukan perekrutan tim pemantau tembakau per 1 September 2022. Mereka lalu di bekali dengan tanda pengenal khusus untuk memonitor perkembangan dan perilaku pasar di setiap gudang yang ada di Bumi Gerbang Salam.

“Nah, pembekalan kepada dua puluh Pemantau Tembakau juga dilakukan oleh tim Disperindag Kabupaten Pamekasan. Itu agar bekerja profesional dan akuntable,” ungkap Afifurrahman salah satu pemantau tembakau 2022 pada Media.

Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai penguatan tugas dan fungsi pokok tim pemantau dl lapangan. Sehingga tataniaga tembakau di Kabupaten Pamekasan berjalan dengan baik dan tidak ada yang merasa dirugikan.

Sementara itu secara resmi juga pihak Disperindag juga sudah menetapkan Break Event Point (BEP) titik impas tembakau Pamekasan 2022. Yakni tetap dengan dibagi menjadi 3 kategori dengan harga yang berbeda sesuai pasaran yang selama ini berlalu.

“Berikut detailnya untuk tembakau gunung dikisaran harga Rp. 54.253 perkilo lalu untuk harga tembakau Tegal 47.778,- dan khususnya tembakau sawah perkilonya 34.636,-,” tandasnya.(Yudi)

Komentar