2947 Polisi Jamin Keamanan Pilkades Serentak Pamekasan 2022

News Satu, Pamekasan, Sabtu 23 April 2022- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, yang digelar pada tanggal 23 April 2022 akan diamankan ribuan anggota TNI-Polri. Bahkan, Polres Pamekasan telah menggelar Apel Gelar Pasukan “Operasi Mantab Praja Ronggosukowati-2022“ sebagai wujud antisipasi dan pengayoman pada kenyamanan semua pihak.

Tak ayal jika personel Polri yang diterjunkan dalam pengamanan Pilkades serentak Kabupaten Pamekasan ini sebanyak 2.947 personel. Itu, terdiri dari anggota Polres Pamekasan, Polda Jatim dan Polres Jajaran Polda Jatim serta Brimob Polda Jatim.

Sebelumnya pada Jum’at, apel akbar dipusatkan di halaman Stadion Ratu Pamelingan Kecamatan Tlanakan kemudian mereka disebar ke 72 Desa se Bumi Gerbang Salam. Nah, hadir dikesempatan kala itu, jajaran Forkopimda Kabupaten Pamekasan dan peserta apel yang terdiri dari TNI-POLRI dan Satpol PP Kabupaten Pamekasan.

Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto, menyampaikan pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Pamekasan tahun 2022 ini, merupakan pesta demokrasi masyarakat Kabupaten Pamekasan. Terutama untuk memilih kepala desa yang puncaknya akan dilaksanakan pada hari Sabtu 23 April 2022 di 72 desa dengan 602 TPS sesuai data terakhir dari pemkab setempat.

Semua dilakukan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, mulai dari tahap persiapan sampai dengan pelaksanaan kegiatan Pilkades. Maka apel bersama digelar dengan melibatkan pasukan TNI dan instansi terkait.

“Diharapkan akan terbangun sinergitas dalam mensukseskan pilkades serentak di Kabupaten Pamekasan sehingga terjaga situasi yang aman, tertib, lancar dan damai,” tandasnya, Sabtu (23/4/2022).

Rogib tekankan pada seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pilkades serentak untuk terapkan pedoman resminya. Yakni, di antaranya agar menyiapkan mental yang dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, berkomitmen menjaga moral dan disiplin kerja yang tinggi. Melaksanakan tugas secara profesional, berkoordinasi dengan petugas terkait di lapangan.

“Selalu memonitor perkembangan situasi di TPS dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan-kemungkinan yang berpotensi menimbulkan kekacauan,” tukasnya.

Terakhir, Kapolres Pamekasan itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta gelar pasukan dan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan apel gelar pasukan ini. Kemudian berdoa semoga menjadi catatan amal baik di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Jaga kondisi kesehatan fisik saudara, agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada kita sekalian dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara,” tuturnya.(Yudi)

Komentar