Bentuk Mental Spiritual WBP, KH Abdurrahman Beri Siraman Rohani

News Satu, Pamekasan, Kamis 26 Mei 2022- Agenda Safari Dakwah di pulau Garam, Madura, K.H Abdurrahman Al Banjari yang juga merupakan Imam Masjid Jamiq Al Mutaqien Ancol, Jakarta Utara beserta rombongan cukup unik. Sebab mereka sempatkan berkunjung ke warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim.

Pada kesempatan tersebut, KH. Abdurrahman memberikan siraman rohani dan Amal Sholeh kepada Warga Binaan Pemasyarakatan atau WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim. Tak ayal jika dikesempatan kali ini diikuti oleh segenap WBP muslim disamping segenap jajaran petugas lapas setempat.

Pasalnya kegiatan ini bertempat di Masjid Baiturrahman Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan. Dan dihadiri oleh Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto beserta beberapa Pejabat Struktural sebagai bentuk keguyuban dalam membina mental para WBP.

Awalnya, kegiatan diawali dengan penampilan Tim Hadrah Al-Banjari lapas setempat. Spesialnya semua personil merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Lalu dilanjutkan ceramah, KH Abdurrahman Al Banjari yang memotivasi warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim. Terutama untuk bisa segera merubah diri menjadi sosok yang lebih baik terlebih saat kembali ke Masyarakat nantinya.

Dia juga mengingatkan warga binaan untuk meluruskan niat semata-mata beribadah karena Allah SWT. Sebab pada intinya segala hal yang dilakukan di muka bumi ini akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah kemudian.

“Sekuat dan sekeras apapun usaha yang dilakukan tanpa pertolongan Allah SWT, maka mustahil akan berhasil. Ampunan Allah itu sangat luas selama mau bertaubat dan memperbaiki diri,” tuturnya.

Dari sesi itu, nampak segenap warga binaan terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Mereka terlihat begitu memperhatikan apa yang ia disampaikan, ini terus terang memberi suntikan semangat untuk dirinya menyampaikan materi pembinaan.

Lebih lanjut lagi, K.H Abdurrahman Al Banjari berharap Warga Binaan meningkatkan iman dan takwanya sehingga perbuatan yang pernah dilakukan. Sehingga mengantarkannya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Siraman rohani bagi warga binaan Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim merupakan sebuah cara agar mereka mendapatkan semangat baru untuk menjadi lebih baik dalam kualitas kehidupan keagamaannya,” tuturnya.

Sementara itu di lain kesempatan, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Yan Rusmanto, mengucapkan terima kasih atas kedatangan K.H Abdurahman Al Banjari dan rombongan. Sebab kehadirannya menjadi penyemangat dan motivasi bagi para WBP untuk jadi lebih baik, selain memberi hawa positif bagi jajaran Lapas setempat.

“Terima kasih atas kunjungan K.H Abdurahman Al Banjari, terutama dalam memberikan pembinaan rohani berupa tausiah dan doa bersama,” katanya, Kamis (26/5/2022).

Pihaknya berharap semoga kegiatan ini membentuk mental spiritual bagi warga binaan agar lebih baik lagi dan dapat meningkatkan kesadaran mereka untuk melaksanakan ajaran-ajaran agama. Lalu, meningkatkan pengetahuan agama mereka dan dapat diimplementasikan ketika mereka telah selesai menjalani masa pidana.(Yudi)

Komentar