oleh

Bupati Pamekasan Luncurkan Program Handtractor On Call

News Satu, Pamekasan, Selasa 30 November 2021- Bertempat di desa Sana Laok, kecamatan Waru Pamekasan, Jawa timur, pemerintah kabupaten (pemkab) setempat meluncurkan program hand tractor on call. Program yang diluncurkan langsung oleh Bupati Baddrut Tamam ini, merupakan layanan bajak sawah secara gratis bagi petani yang ekonominya di bawah rata-rata.

Menurutnya, program Hand Tractor On Call ini merupakan salah satu program prioritas Pemkab Pamekasan di bidang ekonomi dan Pengembangan pertanian. Caranya, sangat mudah, cukup menelpon nomor yang telah ditempel pada setiap rumah petani.

“Pemkab akan menggratiskan tiga item untuk kepentingan petani yang kurang mampu. Yakni, bajak tanah gratis, memberikan bantuan bibit, dan bantuan pupuk gratis. Dengan demikian biaya produksi petani dapat ditekan secara maksimal,” ungkapnya, Selasa (30/11/2021).

Sebab menurut Mas Tamam sapaannya, kalau garap sawahnya gratis, bibitnya gratis, dan pupuknya gratis. Maka padi yang dihasilkan itu penuh milik petani. Tiga item ini menjadi indikator utama kita di sektor pertanian.

Khusus tahun ini, program hand tractor on call diterapkan di tiga kecamatan. Nantinya, sekaligus menjadi kecamatan percontohan, Meliputi Kecamatan Waru, Kecamatan Pakong, dan Kecamatan Pademawu.

“Kenapa hanya tiga kecamatan, karena uangnya tidak cukup. Mudah-mudahan tahun depan bisa bertambah lagi, hingga akhirnya semua kecamatan di Pamekasan bisa menikmati layanan hand tractor secara gratis dari pemerintah,” imbuhnya.(Yudi)

Komentar

News Feed