News Satu, Pamekasan, Rabu 19 Oktober 2022- Pemerintah Kabupaten Pamekasan Jawa timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan terus bertekad memantapkan pembangunan sumber daya manusia. Terutama dalam mencetak tenaga pendidik yang handal dan kompeten di bidang studinya masing-masing.

Nah, sebagai bukti nyata dinas terkait menyelenggarakan Standardisasi Baca Al Qur’an bagi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Khususnya pada jenjang Sekolah Dasar di Tahun ajaran 2022 yang dipusatkan di hotel cahaya berlian Pamekasan, mulai Selasa (17/10/2022) kemarin.

Menurut Kepala Disdikbud Kabupaten Pamekasan, Akhmad Zaini, kegiatan ini berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) kabupaten pamekasan nomor 04 Tahun 2014. Yakni tentang keterampilan kemutlakan soal pengetahuan membaca Al-Qur’an bagi peserta didik beragama Islam di Bumi Gerbang Salam selama ini.

Tak ayal jika Akhmad Zaini sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pamekasan, hadir didampingi Kabid SD beserta Kasi Kurikulum. Disamping para pemateri yang bertugas dalam kegiatan tersebut untuk penguatan pengetahuan baca Al Qur’an para tenaga pendidik setempat.

“Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 79 peserta yang merupakan perwakilan guru PAI dari masing-masing Gugus Se-kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Zaini juga menyampaikan bahwa kegiatan Standardisasi Baca Al Qur’an ini dipandang sangat perlu untuk dilaksanakan dikalangan guru-guru agama jenjang Sekolah Dasar di kabupaten Pamekasan. Sebab selain menjadi kewajiban seorang pendidik agama di sekolah juga menjadi ladang amal masing masing dalam mengamalkan nilai Qur’ani dan Islami pada segenap siswa dan pelajar di lingkungan lembaga pendidikan yang diampu.

“Tujuannya untuk Meningkatkan kemampuan serta melatih guru pendidikan agama Islam khususnya dalam membaca ayat suci al_qur’an dengan memperhatikan Tajwid, Ghorib, Makhorijul huruf dan fasohah. Serta bisa diimplemintasikan kepada peserta didik di sekolah,” tandasnya.

Nah, dari semua rangkaian kegiatan itu tentu ada harapan dan ikhtiar bersama dalam mencetak generasi penerus yang berdaya saing dan berbudi luhur dengan nilai Qur’ani. Selain berharap segenap siswa dan siswi bisa membaca ayat suci Al-Quran baik dan benar demi terbentuknya karakter yang baik bagi peserta didik. (Yudi)