Harjad Pamekasan Ke 491, Pemkab Canangkan Pekan Budaya Madura

News Satu, Pamekasan, Sabtu 20 November 2021- Momentum Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Pamekasan Jawa timur yang ke 491 tahun ini dipastikan akan sarat nuansa Madura dan berkearifan lokal. Baik dalam konsep berpakaian para aparatur sipil negara, maupun dalam konsep puncak perayaan yang disuguhkan nantinya.

Pasalnya, berbagai ajakan dalam persiapan yang dilakukan dan surat edaran yang telah disebarkan secara resmi oleh Bupati Baddrut Tamam pada para kepala dinas di Bumi Gerbang Salam, mengisyaratkan hal tersebut. Tentunya, semua dengan memperhatikan berbagai dampak positif bagi atmosfer perayaan yang berkearifan lokal dan menguatkan nilai budaya Madura yang juga menjadi entitas Bumi Gerbang Salam.

Tak hanya pada jajaran pejabat itu saja, pada surat edaran Bupati Pamekasan 003/530/432.317/2021 tentang pekan budaya Madura, tertanggal 18 November 2021 tersebut, juga ditujukan pada banyak pihak. Yakni mulai para camat, lurah dan kepala desa, segenap kepala sekolah, BUMN dan BUMD, serta masyarakat setempat.

Secara tersurat Bupati H. Baddrut Tamam mengimbau untuk semua pihak tersebut dapat lebih mencintai budaya dan tradisi Madura pada momentum tersebut. Setidaknya, itu akan digaungkan selama seminggu, dalam peringatan Harjad bumi gerbang salam pada tahun 2021 ini.

Diantaranya, yaitu diimbau pada jam kerja, agar mereka mengenakan baju bangsawan Madura /beskap pada hari Senin 22 November dan Selasa 23 November 2021 mendatang. Lalu setelah itu pada Rabu dan Kamisnya, khusus pria diminta untuk berganti dengan mengenakan baju pesa’ dengan bersarung batik atau gombor sedang untuk wanita berbaju Marlena.

“Memakai baju bernuansa batik khas Pamekasan pada hari Jum’at dan Sabtu baik bagi pria maupun wanita,” harap Bupati Baddrut Tamam dalam surat resmi itu, Sabtu (20/11/2021).

Sedangkan, untuk memasifkan pekan budaya Madura yang dirancang khusus pada tahun ini, pemerintah kabupaten mengharap agar semua camat bisa menyampaikan pada para lurah dan kepala desa. Serta pada berbagai lembaga sekolah agar bisa mensukseskan program sarat budaya tersebut.(Yudi)

Komentar