oleh

HPN 2021, PWI Pamekasan Ajak Jurnalis  Berkapasitas Dan Akselerator Penanganan Covid-19

News Satu, Pamekasan, Selasa 9 Februari 2021- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 yang bertepatan pada hari ini, 9 Februari 2021, Ketua PWI Kabupaten Pamekasan, Abd. Aziz ajak insan jurnalis evaluasi kapasitas profesi. Bahkan terus mendorong untuk mendukung program pemerintah dalam sosialisasikan penanganan Covid-19.

Menurut dirinya, HPN kali ini harus bisa jadikan momentum untuk mengevaluasi atas kinerja jurnalistik. Terutama dalam penguatan kapasitas profesi dalm penulisan dan penyajian berita yang apik dan sesuai kaedah Jurnalistik.

Disamping itu, dirinya menambahkan agar kedepan para jurnalis mampu memproyeksi program yang lebih baik. Dari sudut mengenai konten yang akan disajikan kepada publik. Maupun dalam memberikan ruang konfirmasi yang sama dan tidak timpang sebelah untuk proporsional berita.

“Jadi selain memperingati penetapan hari pers juga dalam rangka itu paling tidak kedepannya kita bisa mengevaluasi agar lebih baik dari masa-masa sebelumnya dalam banyak hal,” tuturnya, Selasa (9/2/2021) sore.

Hal itu dikatakan penting, karena menurut Aziz dalam era medsos dan di era postruth semua orang sudah bisa menjadi layaknya wartawan. Bahkan sudah bisa mengunggah informasi secara mandiri di jejaringnya, serta juga mampu mengunggah berita melalui media-media (Media Sosial) yang ada di era digital saat ini.

“Dengan begitu, karena semua orang sudah bisa membuat berita, menyajikan berita. Maka wartawan setidaknya memiliki nilai lebih. Dari semua orang kebanyakan,” tegasnya.

“Nilai lebih itu pada apa? Menurutnya, yakni nilai profesi antaranya bobot akurasi, kebenaran tata bahasa, kebenaran data, serta presisi data dalam yang disajikan. Artinya kedepan harus ada perbedaan dalam karya jurnalistik dengan, Berbagai konten antara media sosial dan media massa,” imbunya.

Jadi jika konten pada media massa dan media sosial sama, berati wartawan tidak ada bedanya dengan masyarakat pada umumnya. Seolah-olah wartawan tidak memiliki skill menulis, kemampuan.

“Juga kematangan dalam dunia jurnalistik, maka tantangan profesi jurnalis akan nampak disitu nantinya,” tukasnya.

Dalam rangka HPN kali ini, seluruh Media massa baik media cetak, elektronik dan online diharapkan memiliki kontribusi dan menjadi akselerator dalam berbagai jenis pemulihan akibat dampak covid ini. Sebagai wujud kontribusi nyata dunia jurnalis dalam memberikan dampak edukasi, pemberdayaan dan fungsi pencerahan pada masyarakat luas. (Yudi)

Komentar

News Feed