Ini Strategi DKP Pamekasan, Kenalkan dan Angkat Potensi Olahan Perikanan

News Satu, Pamekasan, Senin 21 Februari 2022- Potensi perikanan dan kelautan di pulau Madura khususnya Kabupaten Pamekasan Jawa Timur semakin diakui oleh masyarakat luas. Hal ini terbukti ketika pelaksanaan bazar produk Perikanan Kabupaten Pamekasan yang dilakukan oleh Forum FKP HLP Pamekasan yang ditempatkan di pantai Delegan desa padelegan Kecamatan pademawu Kabupaten Pamekasan.

Tak ayal, di kesempatan yang bersamaan dengan acara Komunitas Blazer Indonesia itu, nampak anggota komunitas dan masyarakat yang juga sebagai pengunjung di pantai eksotik tersebut langsung memburu dan membeli berbagai olahan perikanan khas Pamekasan. Pasalnya, sebanyak puluhan jenis hasil olahan perikanan tersebut dipamerkan, mulai dari petis ikan, ikan kering, ikan crispy hingga olahan enak lainnya yang menjadi kekhasan makanan serta kuliner Madura khususnya Pamekasan.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan melalui Kabag pengolahan dan penguatan daya saing, Poni Indrayani, hal ini merupakan potensi yang harus tetap dikembangkan kedepan. Terutama dalam mendukung perekonomian rakyat dari sektor perikanan sehingga kesejahteraan masyarakat nelayan dan warga pesisir akan semakin meningkat.

Baca Juga :  Bupati Pamekasan Paparkan Program Prioritas Kepada KH Abdul Ghafur Maimoen Zubair

“Itu seiring dengan peningkatan produktivitas dan perluasan pasar olahan ikan tersebut baik di Pamekasan maupun di nasional,” ungkapnya, Senin (21/2/2022).

Sebagaimana diketahui bersama, Desa Padelegan merupakan daerah yang mencanangkan diri sebagai Pusat olahan hasil laut. Maka setelah dicanangkan maka secara khusus, Pemerintah Kabupaten bisa mengoptimalkan berbagai kegiatan produksi dan kuliner perikanan di kawasan pesisir timur itu.

“Karena sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah daerah untuk terus mengembangkan dan memberikan stimulan program agar tetap membuat eksistensi perikanan dan olahan di kawasan pesisir Timur bumi Gerbang Salam tersebut meningkat,” terangnya.

Hal itu tentunya seiring dengan program prioritas Bupati Pamekasan H. Baddrut Tamam yang menginginkan percepatan dalam laju ekonomi selama Tahun 2022 ini. Terlebih masih adanya beberapa hal yang membuat melambatnya laju alur bisnis dan perekonomian rakyat selama pandemi covid 19 yang masih menyelimuti bumi gerbang salam.

Baca Juga :  MTQ Jatim Bersinergi, Komunitas Brantas Layani Transportasi dan Ambulance Gratis

“Alhamdulillah, pada Bazar Produk Perikanan di Pantai Delegan itu, juga dihadiri anggota komunitas Blazer dari Jabodetabek, Jateng bahkan juga Bali. Ada juga yang tercatat dari Negara Timor Leste dan perwakilannya, kita beri souvenir olahan perikanan Pamekasan agar kesemsem produk unggulan kami,” tuturnya.(Yudi)

Komentar