oleh

IPI Pamekasan, Harapkan MTQ Jadi Momentum Kembalikan Nilai Qur’ani Kaum Milenial

News Satu, Pamekasan, Rabu 12 Oktober 2021- Kalangan Ikatan Pustakawan Indonesia atau IPI Kabupaten Pamekasan Jawa timur, menilai pola pikir generasi muda pada era digitalisasi, di kalangan muda mudi muslim mengalami pergeseran. Menurut para pustakawan itu, pada saat ini memang sudah ada penurunan bagi pemuda yang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman gaya hidup.

Menurut Hairul Agus Cahyono, Ketua IPI Kabupaten Pamekasan, pada saat ini memang banyak generasi muda menjalani gaya hidup yang bergeser ke arah milenial. Itu disebabkan dengan terbuka lebarnya akses informasi secara global di dunia maya dewasa ini.

Ironisnya, dengan fenomena itu, cenderung membawa generasi muda banyak yang meninggalkan nilai Qur’ani. itu kemudian menjadikan satu hal yang penting dikaji, sebab seolah-olah muda mudi kini, sudah tidak merasa wajib untuk belajar Al-Qur’an.

“Dengan diadakannya MTQ ke XXIX Jatim, yang diselenggarakan kabupaten pamekasan, diharapkan dapat mempengaruhi pola pikir positif, para generasi muda islam, dengan memperbaiki akhlak dan moral sebagaimana Al Qur’an tuntun selama ini,” ungkapnya, Rabu (13/10/2021).

Baginya, generasi muda masa kini, harus lebih didekatkan dengan atmosfer Qur’ani di tengah kondisi global. Itu agar pesan moral dan akhlak dapat tertanamkan dari suratan ayat suci menjadi penyeimbang. Khususnya dalam meneguhkan keimanan pada generasi muda pada saat ini yang harus tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dalam berbagai sendi kehidupan.

“Sebenarnya generasi muda milenial pada saat ini bisa mendalami suratan literasi dalam Al-Qur’an selain berguru pada para kiyai, ustad maupun ustadzah. Bahkan dapat juga dengan menggunakan media elektronik secara online,” kata Kepala UPT Perpustakaan IAIN Madura itu.

Sehingga para pemuda secara mandiri dapat merubah pola pikir yang kurang baik menjadi lebih baik lagi. Terlebih dengan adanya atmosfer Kalam ilahi yang akan berkumandang di Bumi Gerbang Salam nantinya. Akan menjadi berkah tersendiri dan diharapkan berakibat pada akhlak dan moral yang lebih berdasarkan pada Al-Qur’an kedepannya.

Harapan besar dengan diselenggarakannya MTQ Jatim di Pamekasan, generasi muda madura pada umumnya dan pamekasan pada khususnya, tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an. Semua sebagai pegangan hidup dalam menjalani kehidupan keseharian sehingga menjadi generasi muda milenial yang islami.

“Kami Pustakawan Kabupatan Pamekasan mengucapkan Selamat atas terselenggaranya MTQ ke XXIX Provinsi Jawa timur di Pamekasan. Semoga atmosfer Qur’ani dapat menjadi motivasi positif bagi masyarakat,” tukasnya.(Yudi)

Komentar