Kodim 0826 Bersama Wartawan Tanam Ratusan Mangrove Di Pesisir Padelegan

News Satu, Pamekasan, Selasa 16 Mei 2023- Segenap prajurit dan perwira Kodim 0826/Pamekasan, Madura, Jawa Timur terus komitmen lestarikan alam. Buktinya mereka satu komando bergerak belepotan menam pohon Mangrove di Pesisir Pantai The Legend, Desa Padelegan, Kecamatan Pademawu.

Pasalnya, sebagai arahan atasan kegiatan penanaman pohon Mangrove ini dilaksanakan secara serentak di wilayah Indonesia. Bahkan melalui tema “Mangrover For Batter Life atau untuk kehidupan yang lebih baik, dengan berbagai elemen masyarakat dan profesi semua turut terjun ke pantai setempat mensukseskan gerakan masal itu.

Disela acara, Dandim 0826/Pamekasan Letkol Inf Ubaydillah mengatakan, kegiatan penanaman pohon Mangrove dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan di titik pusat langsung dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Itu Joko Widodo.

Baca Juga :  Pj Bupati Pamekasan Sidak Pos Pengamanan Malam Tahun Baru 2024

“Puncak penanaman pohon Mangrove secara nasional serentak di seluruh wilayah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.Joko Widodo,” katanya, Selasa (16/5/2023).

Menurut Dandim kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ekosistem pantai dan laut serta mengurangi potensi abrasi atau pengikisan oleh air pantai. Karenanya sebagai warga negara Indonesia semua pihak juga berkewajiban untuk ikut andil meski dengan gerakan sekecil apapun.

“Harapannya dengan penanaman pohon Mangrove ini kita bisa menjaga alam pantai yang indah terutama yang ada di Pamekasan sehingga bisa dinikmati dengan indah dan nikmat,” tandasnya.

Sekedar informasi, untuk penanaman di wilayah Kodim 0826/Pamekasan siapkan sebanyak 500 pohon mangrove. Lalu dengan kompak segenap peserta menggali dan menanam sesuai jarak tanam yang telah ditetapkan agar optimal tumbuhnya ketika setalah ditancapkan ke pasir pantai setempat.

Baca Juga :  Danrem Bhaskara Jaya Pantau Sumur Bor Bantuan Kemenhan RI

Nampak, pada kegiatan ini diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan stakeholder yang ada di bumi gerbang salam. Mulai TNI, Polri, Forkopimda, Instansi Pemerintah Kabupaten Pamekasan, BKSDA Kabupaten Pamekasan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan, DKKP Kabupaten Pamekasan.

“Bahkan juga ada beberapa Kelompok pecinta alam, Kelompok Peduli Mangrove Madura (KPMM), Paguyuban Wartawan serta Para Pelajar dan mahasiswa,” pungkasnya. (Yudi)

Komentar