oleh

Musim Hujan Tiba, Ini Langkah Amankan Diri Dari Bahaya Listrik

News Satu, Pamekasan, Selasa 14 September 2021- Pasca kejadian kecelakaan kerja pada petugas instalasi listrik, yang terjadi di Desa Bicorong, Pakong, wilayah kerja PLN ULP Waru, Pamekasan pada Senin (13/9/2021) kemarin, pihak PT PLN langsung sampaikan informasi dan konfirmasi resmi.

Yakni petugas atas nama Ahadi Jazuli kala itu sedang melakukan pekerjaan pemasangan LBS motorized pada pukul 08.55 Wib. Namun nahas, pada saat yang bersamaan cuaca sedang mendung dan muncul kilatan petir yang menyambar jaringan sehingga menyebabkan kondisi petugas kaget dan syok hingga terjatuh.

Saat itu juga oleh petugas lainnya, korban segera dibawa ke Puskesmas untuk dilakukan tindakan darurat. Alhasil, sesuai keterangan resmi dari pihak PLN setempat, korban dalam kondisi baik-baik saja dan bisa segera pulang ke rumah.

Manager Bagian Jaringan PLN UP3 Pamekasan, Sigit Sony Hartawan menyampaikan, saat ini mereka tengah melakukan investigasi untuk memastikan bahwa jaringan PLN dalam kondisi aman. Lalu segala hal serupa tidak akan terjadi kembali di lapangan saat petugas berkerja.

“Kami meminta masyarakat untuk selalu waspada bahaya listrik terlebih di musim hujan,” terangnya, Selasa (14/9/2021).

Sebagai langkah antisipasi apabila hujan, petir, hingga banjir, pihak PLN juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti panduan aman untuk lingkungan sekitar. Yakni sebagai berikut diantaranya, menjauhi pohon yang dekat dengan jaringan listrik.

Lalu, menjauhi tiang atau jaringan listrik di sekitar. Mematikan instalasi listrik di dalam rumah jika terjadi banjir. Dan mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.

“Letakkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi dan aman. Pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN 123 maupun aplikasi PLN Mobile jika mendapati jaringan listrik yang menyentuh pohon tersambar petir ataupun potensi bahaya lainnya yang mungkin timbul di lingkungannya,” tukasnya.(Yudi)

Komentar