oleh

Pelatihan Linting Rokok Digelar, 60 Orang Siap Kerja di Perusahaan Rokok

News Satu, Pamekasan, Senin 13 September 2021- Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Pamekasan, Jawa timur resmi menggelar pelatihan linting rokok bagi warga Bumi Gerbang Salam. Semua digelar dengan menggunakan Dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2021 di beberapa pabrik rokok Mitra Pemkab setempat.

Program Anyar itu digeber oleh Pemkab Pamekasan melalui fungsi dan peran Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) setempat, karena berkaitan dengan kesejahteraan tenaga kerja nantinya.

Menurut Plt. Kepala DPMPTSP dan Naker Kabupaten Pamekasan, Supriyanto mengatakan, saat ini sudah selesai tahap perekrutan peserta. Lalu siap digelar pelatihan dimaksud dengan 60 peserta tahap pertama dalam 3 paket yang disiapkan.

“Hari ini sudah digelar pembukaan pelatihan di 3 tempat berbeda yang berada di Desa Jarin, Desa Larangan Dalam dan Desa Blumbungan,” jelasnya, Senin (13/9/2021).

Dijelaskannya, memang disela pelatihan yang digelar hari ini, instansinya juga melakukan penandatanganan MoU. Terutama, dengan beberapa beberapa pabrik rokok lokal, mitra pelatihan Pemkab tersebut untuk perekrutan 60 pekerja pabrik setempat.

“Selain menyiapkan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan, kita juga sudah melakukan MoU dengan perusahaan rokok agar semua peserta bisa terserap jadi pekerja disana,” imbuhnya.

Untuk September 2021 ini, pihaknya mengaku pelatihan akan digelar pada 3 pabrik rokok mitra yang ada di Bumi Gerbang Salam. Itu, yakni yang berada di kawasan Kecamatan Pademawu dan Kecamatan Larangan, Bumi Gerbang Salam.

“Untuk tahun ini kita akan mulai dulu 3 paket dengan 20 orang perpaket, yakni di PR Ayunda Desa Jarin, SF Jaya Raya di Desa Larangan Dalam dan SHN Jaya di Desa Blumbungan,” tukasnya.

Karenanya, secara teknis untuk jadwal pelatihan keterampilan linting rokok kali ini, akan dilaksanakan selama 10 hari. Karenanya, untuk sekarang pihaknya menargetkan untuk bisa terlaksana sebanyak 3 dari 11 paket dengan per paketnya diikuti 20 peserta.(Yudi)

Komentar