oleh

Relawan FRPB Pamekasan, Dikerahkan di Lokasi Longsor Nganjuk

News Satu, Pamekasan, Selasa 16 Februari 2021– Pengiriman personel untuk membantu evakuasi dan Penyaluran bantuan pada korban bencana alam kembali dilakukan tim reaksi cepat Forum Relawan Penanggulangan Bencana atau FPRB Pamekasan Jawa Timur, Selasa jam 00 : 30 wib dini hari tadi. Kali ini, tim khusus ini bergerak ke lokasi bencana tanah longsor yang berada di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Berbagai jenis logistik bantuan juga disiapkan untuk donasi swadaya bagi masyarakat yang terdampak longsoran tanah tersebut. Itu, antara lain berupa Sembako seperti, Beras 10 Sak, Mie instan 10 Karton, Air meneral dan Sayur mayur serta buah-buahan.

Kali ini, Personil yang diterjunkan yakni grup
TRC FRPB Pamekasan yang terdiri dari 3 personel terlatih. Bahkan dalam teknisnya nanti mereka akan tergabung dalam tim SAR Gabungan sesuai komando dari Pusat Pengendali Operasi atau Pusdalops BPBD Kabupaten Nganjuk.

Achmad Habibi, Koordinator TRC FRPB menjelaskan bahwa untuk operasional selama di lapangan semua personil dibekali atribut dan perlengkapan personil. Dengan mengendarai 1 Unit Mobil Rescue FRPB, Mereka masing masing juga membawa, 3 Pasang Sepatu boot, 3 helm safety, 4 Handy Talky, 4 Pasang sepatu Delta.

“Bahkan kami juga membawa peralatan rescue dasar dan obat obatan pribadi mengingat operasi yang akan dilakukan berkisar 3 sampai 5 hari kedepan,” ungkapnya, Selasa (16/2/2021) dini hari tadi.

Menurut informasi via telepon, pada jam 06:00 wib tim sudah tergabung dengan tim TRC BPBD setempat dan bergerak bersama relawan setempat dari Kantor BPBD menuju lokasi terdampak bencana. Secra beriringan tim bergerak ke arah luar kota Nganjuk yang berjarak cukup jauh dari pusat kota itu.

Kemudian mulai Selasa pagi ini, mereka akan mulai penyaluran bantuan langsung pada warga sekitar dan membantu proses evakuasi korban yang terdata. Sebab masih banyak warga yang tertimbun tanah longsor mulai Senin pagi kemarin. (Yudi)

Komentar