Satukan Misi Kehutanan, KTH Pegantenan Sepakat Sinergi Dalam Gapoktanhut

News Satu, Pamekasan, Kamis 2 September 2021- Upaya masyarakat dalam berperan dibidang kehutanan yang selama ini juga digulirkan pemerintah tidak lepas dari keberadaan kelompok tani. Terutama dalam gerakannya memerlukan berbagai sinergi dari berbagai komponen pelaku kehutanan setempat.

Khusus di Kabupaten Pamekasan, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur kuatkan sinergi agar semakin solid dan didukung para pihak yang terlibat terutama di Kecamatan Pegantenan. Tentunya melalui arahan teknis tim penyuluh Cabang Dinas Kehutanan atau CDK Sumenep Wilker Pamekasan dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat atau PKSM Arek Lancor Pamekasan.

Buktinya, mulai hari ini jajaran PKSM wilayah Kecamatan Pegantenan bersama kelompok Tani Hutan sebanyak 15 KTH setempat, ikrar untuk berintegrasi. Pasalnya, dengan diprakarsai Penyuluh CDK dan jajaran PKSM Kecamatan Pegantenan, mereka menginisiasi terbentuknya Gabungan Kelompok Tani Hutan atau Gapoktanhut Pegantenan.

Menurut Perwakilan CDK Sumenep Wilker Pamekasan, Agus Kadarisman, dengan dibentuknya Gapoktanhut ini maka pola Kordinasi harus lebih baik. Bahkan kedepannya semakin getol melakukan transfer teknologi dan IPTEK antar KTH setempat.

“Skill KTH akan saling mengisi dan saling mendukung kedepannya, antar KTH antar desa diharap lebih intensif berkomunikasi dan menguatkan misi kehutanan,” ungkapnya, Kamis (2/9/2021).

Bahkan, dalam jangka panjang akan ada program pengelolaan kebun bibit rakyat yang bisa diikuti semua KTH yang berada di Kecamatan Pegantenan guna turut mensukseskan program tersebut. Baik dalam pembibitan maupun proses penanaman pohon dengan swadaya, sehingga tidak hanya menunggu program dari pemerintah saja.

“Gapoktanhut ini akan membawahi 15 KTH setelah terbentuk sekarang. Jadi, semoga semangat kebersamaan bidang kehutanan ini, makin menjadi pendorong pembangunan kehutanan di pelosok,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, di Bumi Gerbang Salam Sudah ada pola komunikasi intensif Gapoktanhut antar kecamatan ke depan. Itu untuk pemerataan pembangunan kehutanan dalam semua upaya strategis Dinas Kehutanan bisa berjalan merata dan cepat.

Hadir dalam pengukuhan dan pembentukan Gapoktanhut Pegantenan diantaranya, Perwakilan Forum PKSM Arek Lancor Pamekasan, Lalu juga nampak ditengah para inisiator Penyuluh CDK, Agus Kadarisman serta Ketua Gapoktanhut Pegantenan terpilih, Fatha yang merupakan Ketua KTH di Desa Tebbul Timur Kecamatan Pegantenan.(Yudi)

Komentar