HEADLINENEWSPAMEKASANPEMERINTAHANPEMKAB PAMEKASANREGIONAL

Wabup Harap BUMDes Profesional dan PADes Tinggi

183
×

Wabup Harap BUMDes Profesional dan PADes Tinggi

Sebarkan artikel ini
Wabup Harap BUMDes Profesional dan PADes Tinggi
Wabup Harap BUMDes Profesional dan PADes Tinggi

News Satu, Pamekasan, Jum’at 17 Juni 2022- Sebagai ujung tombak kemajuan ekonomi desa, keberadaaan BUMDes tidak sekadar menjadi pelengkap administrasi desa. Sebab optimalisasi usahanya yang baik dan bagus akan berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi di wilayah tersebut.

Maka, menurut Wakil Bupati Pamekasan, RB Fattah Jasin, perlu ada keseriusan dalam pengelolaan BUMDes yang guna menunjang pendapatan asli desa (PADes). Sebab pola kerja dalam BUMDes yang profesional tersebut akan efektif mengangkat perekonomian rakyat dari pelosok sesuai harapan pemerintah daerah setempat.

“Bumdes itu harus dikelola profesional, ini cikal bakal yang mengangkat ekonomi sebuah wilayah menjadi baik ketika urusan BUMDes profesional dan berbadan hukum,” terangnya, Jum’at (17/6/2022).

Mantan pejabat Pemprov Jawa Timur ini menambahkan seperti di lansiran resminya, kepala desa harus bersinergi dengan badan permusyawaratan desa (BPD). Khususnya dalam merumuskan program desa, pengambilan kebijakan tidak dilakukan sepihak, termasuk dalam membentuk BUMDes.

“BUMDes itu juga harus berbadan hukum biar bisa bekerja sama dengan yang lain, jadi banyak hal, kepala desa jangan merasa kuat sendiri, kerja sama dengan BPD, itu DPR-nya. Pak Kades harus minta arahan juga kira-kira program apa yang baik,” paparnya.

Tak ayal jika Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam dan dirinya, memiliki iktikad kuat membangun ekonomi dari bawah berkeadilan. Yakni seperti program wirausaha baru (WUB) dengan strategi desa tematik yang akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan merata di setiap desa sesuai potensi daerah masing-masing.

Jadi dari semangat itu, Pemerintah Desa diharapkan mampu menggali potensi desa untuk kesejahteraan masyarakatnya, sebagian desa bahkan menjadi desa yang sudah optimal garap seusai tematiknya. Diantaranya berkonsep seperti desa wisata, desa UMKM, desa pertanian, serta desa dengan tema lainnya.

Tak ayal jika Fattah Jasin berharap, potensi desanya menjadi kekuatan ekonomi di tingkat desa. Sehingga cita-cita Pamekasan Hebat, untuk terus gelorakan gaung semangat Rajja, Bajjra tor parjugah cepat tercapai sesuai harapan bersama masyarakat Bumi Gerbang Salam.

“Kalau kayak gitu sejahtera, cita-cita pak bupati sudah tercapai untuk mewujudkan masyarakat Pamekasan yang sejahtera dari bawah. Kalau BUMDes tidak berbadan hukum, maka usahanya harus PT, bisa koperasi juga,” tutupnya.(Yudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.