oleh

WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan digeledah dan Tes Urine

News Satu, Pamekasan, Kamis 22 Juli 2021- Sehari setelah Lebaran, Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Sohibur Rachman pimpin langsung jajarannya untuk melakukan sidak dan penggeledahan. Kali ini difokuskan pada sudut-sudut dalam blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Pamekasan.

Kegiatan secara senyap dimulai jam 19.00 WIB dan mengundang awak media. Setelah diawali dengan sambutan dan pengarahan oleh Kalapas Narkotika Pamekasan tim bergerak ke dalam hunian.

“Saya mengapresiasi atas kehadiran dan kekompakan seluruh petugas, meskipun masih dimoment lebaran tetap melaksanakan tugas dengan memenuhi perintah atasan untuk melaksanakan tugas hari ini guna membersihkan blok-blok dan kamar hunian dari barang terlarang, khususnya Narkoba dan Hanphone,” ungkapnya. Kamis (22/7/2021).

“Hari ini sengaja saya juga mengundang pihak media online untuk ikut dalam kegiatan penggeledahan ini,” tuturnya.

Ditambahkan, kegiatan ini juga menurutnya sebagai bentuk komitmen dan jajarannya untuk mencegah dan menekan masuknya barang-barang terlarang masuk ke dalam blok hunian. Utamanya bebas dari peredaran Hanphone, Pungli dan Narkoba (Halinar).

“Sidak ini menindaklanjuti arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam hal deteksi dini terhadap munculnya gangguan Kamtib di Lapas/Rutan”, tegasnya.

Ia juga meminta kepada petugasnya untuk melakukan penggeledahan dengan mengedapankan kesopanan/humanis terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pasalnya mereka juga membutuhkan kenyamanan dan ketenangan ketika di dalam blok hunian pada malam hari.

“saya minta kepada jajaran untuk melaksanakan tugas malam ini dengan penuh tanggung jawab dan tetap sopan serta mengedepankan rasa humanisme kepada Warga Binaan,” ujarnya.

Alhasil, di penggeledahan kali ini juga dilakukan test Urine kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang pilih secara acak. Yakni dari setiap kamar yang digeledah dan 14 Petugas Pengamanan dan Staf yang ikut dalam penggeledahan.

“Semua barang temuan hasil razia tersebut selanjutnya akan didata dan akan dibuatkan Berita Acara Hasil Penggeledahan dan serta Hasil dari Test Urine yang kita lakukan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara acak disetiap kamar yang digeledah dan kepada 14 pegawai yang yang terlibat malam baik Regu Pengamanan dan Staf ini, Alhamdulillah semua Negatif,” tuturnya.(Yudi)

Komentar