Alasan Ekonomi, Puluhan Warga Probolinggo Nekat Jadi TKI

Alasan Ekonomi, Puluhan Warga Probolinggo Nekat Jadi TKI

News Satu, Probolinggo, Jumat 12 Oktober 2018– Puluhan warga di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) nekat menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negeri. Berdasarkan data di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Probolinggo, ada 38 warga yang berangkat menjadi TKI keluar negeri.

“Sejak tahun 2017 hingga 2018 ada 38 orang yang berangkat menjadi TKI keluar negeri,” kata Kepala Disnaker Probolinggo, Sigit Sumarsono, Jumat (12/10/2018)

Sigit Sumarsono mengatakan, alasan mereka berangkat keluar negeri untuk menjadi TKI, karena himpitan ekonomi dan untuk bayar hutang.

“Saat kami tanya, ternyata alasannya bervariasi ada yang untuk bayar hutang dan kebutuhan hidup keluarganya,” ungkap Sigit.

Untuk mengurangi tingginya warga yang berangkat keluar negeri menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), pihaknya akan melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat untuk berwirausaha, sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan ekonominya tidak harus menjadi TKI keluar negeri.

“Kami akan memberikan pelatihan berwirausaha kepada masyarakat untuk mengurangi jumlah warga yang berangkat keluar negeri untuk menjadi TKI,” pungkasnya. (Bambang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.