News Satu, Probolinggo, Kamis 23 Juni 2022- Pemerintah kota (pemkot) Probolinggo melalui Dinas Perhubungan memiliki terobosan baru di dunia digital, yaitu Robocall KIR (ROBOKIR). Robokir merupakan sebuah aplikasi robot suara yang membantu mengingatkan para pemilik kendaraan untuk ujian KIR. Aplikasi ini diresmikan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor.

Pemkot Probolinggo dan Telkomsel telah menandatangani kesepakatan bersama tentang pengembangan solusi digital berbasis program.

“Kami menindaklanjuti perintah Bapak Wali Kota, MoU yang telah ditandatangani pada tahun 2021 ini, kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk mengembangkan kerja sama secara teknis di lapangan. Nah, kami di tahun 2022 ini bersama kepala Telkomsel Probolinggo berusaha membuat inovasi terbaru,” ucap Agus Effendi, Kepala Dishub kota Probolinggo.

Agus juga menjelaskan hal yang melatarbelakangi pembuatan aplikasi tersebut adalah UPT PKB selama ini mengirimkan surat secara manual kepada pemilik angkutan barang maupun penumpang.

“Bersurat ini tantangannya juga banyak sehingga terjadi keterlambatan pada waktu kendaraan sudah memasuki masa uji, setelah diurus ternyata jatuh temponya sudah lewat maka dikenakan denda. Dan muncul permasalahan yang membuat pengusaha ini tidak termotivasi melaksanakan uji KIR secara bekala, setiap 6 bulan sekali,” paparnya.

Dijelaskan dalam undang-undang no 22 tahun 2009 terkait dengan lalu lintas pengangkut barang, bahwa kendaraan angkutan harus diuji KIR secara berkala demi keselamatan, tidak hanya pada penumpang atau kru yang melaksanakan layanan tetapi juga pengguna jalan yang lain. Kerja sama ini bertujuan untuk peningkatan layanan supaya pemilik kendaraan termotivasi untuk melaksanakan uji KIR secara berkala.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Layanan Robocall antara PT Telkomsel dengan Dishub, dan disaksikan oleh perwakilan PT Telkomsel. Launching aplikasi Robokir ditandai dengan menekan tombol bahwa aplikasi tersebut sudah berjalan. (Bambang) 

Komentar