Kota Probolinggo Tempoe Doeloe Sajikan Permainan Tradisional

Kota Probolinggo Tempoe Doeloe Sajikan Permainan Tradisional
Kota Probolinggo Tempoe Doeloe Sajikan Permainan Tradisional

News Satu, Probolinggo, Jumat 30 November 2018- Permainan anak -anak tradisional 2018  digelar oleh Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) melalui Disbudpar dalam event Kota Probolinggo Tempoe Doeloe. Tampak terlihat anak-anak melakukan macam – macam permainan seperti permainan Dakon,Lompat Pentil, Kempyeng,Bola Bekel serta Engrang dengan penuh canda tawa seakan sangat senang dengan permainan tempoe doeloe.

Hasan Basri salah satu orang tua saat ikut menonton pagelaran permainan anak – anak tradisional Kota Probolinggo Tempoe Doeloe mengatakan, semua permainan ada manfaatnya seperti ketangkasan, kecerdasan, kekompakan dan persaudaran serta tidak ada perbedaan kaya dan miskin.

“Dalam permainan anak-anak Tempoe Doeloe tidak ada perbedaan yang kaya maupun yang miskin, semuanya sama alat permainnya,” katanya, Jumat (30/11/2018).

Permainan tradisional perlu dikenalkan dan lestarikan seperti disekolah dan dirumah serta permainan ini tidak mahal namun murah meriah daripada permainan anak zaman sekarang.

“Jadi anak-anak kita akan tahu seperti apa permainan tradisional warisan dari nenek moyang kita,” ucapnya.

Sementara, Jihan (10) salah satu peserta mengatakan dengan permainan ini bisa banyak teman dan sangat senang.

“Kalau main game tidak usah teman, hanya sendirian, tapi kalau permainan seperti ini kan banyak teman dan menambah kekraban,” ucapnya.

Dari pantauan reporter News Satu pengunjung sangat senang dan mengingat semasa kecilnya dulu yang saat ini jarang sekali ditemukan permainan ini apalagi malam hari terang bulan, sebab zaman tempoe doeloe tidak ada lampu listrik. Dalam acara tersebut ditampilkan tembang dolanan serta tari Lengger asli seni tari kota probolinggo sebagai tarian penyambut tamu dizaman tempoe doeloe apabila ada hajatan atau kedatangan tamu kehormatan. (Bambang/ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.