oleh

KPU Probolinggo Kekurangan Ribuan Lembar Surat Suara

News Satu, Probolinggo, Senin 8 April 2019- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terus mendata surat suara yang akan didistribusikan ke setiap kecamatan.

Dari hasil laporan pendataan sementara, tujuh kecamatan kekurangan ribuan surat suara. Seperti di Kecamatan Leces. Kecamatan ini masih kekurangan sekitar 852 surat suara untuk DPRD Kabupaten Probolinggo.

Kecamatan Kraksaan kekurangan 110 surat suara untuk DPRD kabupaten. Sedangkan Kecamatan Wonomerto kekurangan 2.123 surat suara Pilpres dan 1.192 surat suara DPR RI.

Lalu, Kecamatan Kuripan kekurangan 1.268 surat suara Pilpres, Kecamatan Tiris kekurangan 30 surat suara DPRD kabupaten, dan Kecamatan Sumberasih kekurangan sekitar 1.824 surat suara DPD, 1.356 surat suara DPRD provinsi, dan 1.514 surat suara DPRD Kabupaten Probolinggo.

Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengatakan, data itu merupakan data sementara. Serta, masih ada kemungkinan bertambah.

“Kami masih terus melakukan pendataan. Tujuannya, memastikan kelengkapan surat suara yang nantinya akan kami distribusikan ke setiap kecamatan,” ujarnya, Senin (8/4/2019).

Komisioner yang baru menjabat selama seminggu ini mengatakan, kekurangan surat suara itu nantinya akan diajukan ke KPU Provinsi Jawa Timur, agar bisa segera dilengkapi. Sehingga, pada pelaksanaan Pemilu 17 April, berjalan lancar, tanpa kekurangan surat suara.

“Saya ada Bimtek di Malang, sekalian nanti kami ajukan (kekurangan). Tapi, ini masih terus dilakukan pendataan. Pendataannya kami lakukan sampai H-4. Setelah itu baru nanti didistribusikan,” ujarnya.

Lukman menyatakan, sebenarnya surat suara yang ada telah dilipat pada bulan lalu serta sudah dipak namun tidak disegel. Sebab, belum dilengkapi form c2 sampai c7. Form yang dibutuhkan itu sudah datang dan dimasukkan dalam kemasan surat suara.

“Sudah datang. Itu kan krusial. Jadi, sudah aman karena sudah datang semua,” pungkasnya. (Bambang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.