Luapan Air Sungai Legundi Banjiri Wilayah Kota Probolinggo

News Satu, Probolinggo, Senin 21 November 2022- Kondisi sungai Legundi debit airnya meningkat hingga meluap dan membanjiri wilayah kecamatan Kademangan Kota Probolinggo, hingga mengganggu pengguna jalan prof Hamka Kota Probolinggo bagian wilayah selatan, Minggu (20/11/2022) sekitar pukul 22.30 Wib.

Selain akses jalan tertutup air juga mengakibatkan beberapa rumah warga di kelurahan setempat ikut terendam air dampak luapan debit air sungai Legundi itu. Dua kelurahan itu yaitu Kelurahan Sumberwetan Kecamatan Kedopok dan Kelurahan Pohsangit Kidul Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.

Berdasar data yang terhimpun, luapan air sungai Legundi itu berasal dari kiriman dari lereng Gunung Bromo , lantaran terjangan air dari Gunung Bromo membawa sampah sehingga rumah warga terjadi sumbat ditambah lagi hujan deras dan angin kencang yang terjadi di wilayah Probolinggo.

Aminah warga setempat mengatakan, peristiwa luapan air itu hingga merusak jembatan di depan warung Ised tepat jl Prof Hamka.

“Air sungai menutupi jembatan warga depan warung ised hingga rusak,” ujarnya.

Sementara itu petugas gabungan dari BPBD Kota Probolinggo, Dinas PUPR, Polres Probolinggo Kota, dan Dishub mendatangi lokasi dan melakukan asesmen serta pengaturan arus.

Kepala BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo mengatakan, luapan sungai Legundi ini akibat sampah, dan mateliar yang menyumbat dam kelep sehingga, air tidak dapat mengalir, dan akibatnya puluhan rumah warga tergenang, saat ini petugas gabungan sudah di lokasi.

“Dari laporan petugas yang melakukan asesment, untuk sementara ada 27 KK di 3 titik lokasi yang rumahnya terendan luapan sungai Legundi, dan saat ini petugas tengah berupaya melakukan pembersihan,” singkatnya. (Bambang)