Momen Lebaran, Kuliner Rujak Lontong Diburu Pembeli

News Satu, Probolinggo, Kamis 5 Mei 2022- Momen halal bihalal lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah di hari ketiga ini masih banyak umat islam di wilayah kota Probolinggo, Jawa Timur, yang terus melakukan tradisi silaturrahmi kesanak keluarga, kerabat dan famili.

Oleh sebab itu, banyak warga yang kedatangan tamu menjamunya dengan berbagai sajian makanan. Baik itu makanan yang dibuat sendiri maupun makanan yang dibeli ke beberapa tempat Kuliner. Seperti penjual bakso, rujak khas madura, dan rujak khas jawa, yang saat ini masih beraktivitas jualan.

Suliha (38) warga Jrebenglor, kecamatan Kedupok Kota Probolinggo, mengatakan, Dimomen lebaran bukan menjadi hal asing lagi bagi warga kota Probolinggo untuk menikmati berbagai menu kuliner. Menurutnya, warga sudah terbiasa mencari menu makanan seperti Rujak Cingur, Manis dan Rujak petis madura di suasana hari lebaran ini.

“Sudah jadi kebiasaan di momen lebaran biasanya warga lokal mencari kuliner Rujak dengan khas lontong ketupatnya untuk menjamu tamunya yang datang dari luar kota Probolinggo,” ujarnya, Kamis (5/5/2022).

Ditempat yang beda, Fatimah (50) asal kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo membenarkan, bahwa disetiap momen lebaran banyak pembeli kuliner Rujak dagangannya di Buru pembeli peminat kuliner Rujak.

“Sudah kebiasaan setiap lebaran ke hari 3 banyak pembeli Rujak antri. Biasanya sebelum hari lebaran pembeli setiap harinya kurang lebih 30 bungkus ( Pencuk) tetapi kalau hari lebaran saat ini setiap harinya kurang lebih 100 bungkus,” singkatnya.

Beda dengan Ila (8) penjual Rujak di kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, kota Probolinggo mengatakan, Pembeli kulinernya di momen lebaran atau di hari-hari biasanya sama saja.

“Hari lebaran dan hari biasa para pembeli kuliner Rujak saya tidak ada bedanya hanya menunya ditambah lontong ketupat sebab di momen lebaran idul fitri,” tandasnya.(Bambang) 

Komentar