Pemkot Probolinggo Bahas SOP Perwali

News Satu, Probolinggo, Jumat 3 Juli 2020- Pemerintah Kota Probolinggo Jawa Timur,bersama jajaran TNI-Polri, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri (PN) serta stakeholder terkait gelar rapat pembahasan draft SOP (Standar Operasional Prosedur) dan draft Peraturan Wali Kota (Perwali) new normal, Jumat (3/7/2020), di Puri Manggala Bhakti.

Dalam rapat menyusun regulasi yang dipimpin Wawali Mochammad Soufis Subri itu, Pemkot Probolinggo mengajak stakeholder yang ada di Kota Probolinggo agar bisa mewarnai dan mengawal kebijakan new normal.

“Sepenuhnya tidak serta merta menjadi domain Pemerintah Kota Probolinggo. Rapat tadi berlangsung cukup dinamis dan sangat hidup karena jajaran samping banyak memberikan masukan,” kata Wakil Walikot Probolinggo.

Rapat awal ini disepakati akan dilanjutkan dengan rapat berikutnya yang lebih detail. Draft yang dirumuskan masih akan dipelajari untuk kemudian dikoreksi bersama. Dengan penyusunan draft regulasi new normal, pemerintah ingin menyegerakan berbagai kegiatan kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sebagainya di tengah pandemi COVID 19.

Poin penting penyusunan draft ini akan ditindaklanjuti dengan tim asistensi yang memberikan pembinaan, pengajuan tempat-tempat yang mau mengajukan new normal hingga sanksi. Pasalnya, TNI-Polri dan kejaksaan memberikan masukan terkait kebijakan new normal di Kota Probolinggo yang lebih spesifik.

Wakil walikota M Soufis Subri menegaskan, sebelum menerapkan new normal, Pemerintah Kota Probolinggo harus menyusun regulasi mengacu pada kondisi riil di lapangan. Tahapan penyusunan ini harus dilakukan karena membutuhkan payung hukum untuk menerapkan sanksi.

“Paling tidak Kota Probolinggo sudah punya kesiapan. Parameter new normal itu COVID membaik, grafik membaik, kondisi di lapangan membaik. Harapan kami, pertengahan Juli draft perwali sudah clear semua,” pungkasnya. (Bambang)

Komentar