oleh

Satu CJH Asal Probolinggo Gagal Berangkat

News Satu, Probolinggo, Minggu 7 Juli 2019- Kementrian Agama (Kemenag) Kota Probolinggo memastikan jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) 2019 yang akan berangkat ke tanah suci pada Senin (8/7/2019) berjumlah 155 orang. Mereka akan diberangkatkan sekitar pukul 14.00 WIB.

“Semua jamaah akan diberangkatkan tanggal 8 Juli nanti, dilepas langsung oleh Walikota Probolinggo,” terang Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kota Probolinggo, Muhammad Haris Hikmawan, Minggu (7/7/2019).

Haris menyebut 155 orang CJH tersebut merupakan jumlah final. Sebelumnya, terdapat 156 CJH. Namun satu orang CJH bernama William Santria Candra (30) warga Kelurahan Jrebeng Kulon , Kecamatan Kedopok, menyatakan memundurkan diri sebagai CJH.

“Ada satu jamaah yang mengundurkan diri, padahal dia sudah melunasi ongkos ibadah haji yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” Urai Haris.

Pihaknya sudah meminta keterangan serta menasehati agar dia tetap melanjutkan perjalanan haji sebagaimana rencana awal. Namun bujukan pihak Kemenag kota probolinggo bertepuk sebelah tangan.

“Namun dia bersikukuh tetap tidak berangkat haji dan menarik semua biaya haji yang sudah dilunasi. Alasannya, ada pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan yang menyangkut pelanggan usahanya,” terangnya.

Meski ada CJH yang mundur, hal itu tidak berpengaruh terhadap jadwal pemberangkatan haji. CJH Kota Probolinggo tergabung dalam Kloter 9 bersama CJH asal Magetan, Trenggalek, Bangkalan, Pamekasan dan Surabaya.

“Dari 155 CJH tahun ini, sebanyak 85 jamaah perempuan dan 70 orang jamaah laki-laki,” imbuhnya. (Bambang)

Komentar

News Feed