Walikota Minta Usulan Musrembang, Kepentingan Bersama di Prioritaskan

News Satu, Probolinggo, Rabu 18 Januari 2023- Untuk mewadahi aspirasi dan kebutuhan masyarakat dari lingkungan terkecil RT, RW, Kelurahan, Kecamatan dan Kota melalui Musrembang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) merupakan tahapan dalam penyusunan rencana pembangunan daerah. Perencanaan dari lingkungan terbawah ini penting karena masyarakatlah yang paling dekat dan mengetahui apa yang dibutuhkan lingkungan sekitarnya.

Kegiatan tersebut untuk meningkatkan kapasitas LPM, RT, RW untuk menyusun rencana pembangunan di tingkat lingkungan Kelurahan.

“Serta meningkatkan pemahaman terkait syarat-syarat kelengkapan usulan musrenbang dan meningkatkan pemahaman terkait tahapan-tahapan dalam pelaksanaan musrenbang,” ujar Jamal, salah satu peserta.

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan, mereka yang hadir memiliki andil besar untuk menjaring aspirasi masyarakat yang benar – benar dibutuhkan atau jadi prioritas di lingkungan tersebut.

Baca Juga :  FK3I Regional Madura Komitmen Masifkan Gerakan Konservasi Alam

 “Namun, perlu diingat bahwa yang menjadi prioritas adalah kepentingan bersama, kepentingan masyarakat, bukanlah kepentingan dari golongan tertentu, apalagi kepentingan diri sendiri,” tuturnya.

Habib Hadi Zainal Abidin berharap aspirasi di Musrenbang selaras dengan tema pembangunan Kota Probolinggo di tahun 2024.

“Pemantapan Pembangunan Ekonomi Inklusif yang Mendukung Stabilitas Daerah.Sehingga terjadi keseimbangan antara perencanaan pembangunan yang direncanakan melalui perangkat daerah/dinas dengan keinginan masyarakat melalui usulan musrenbang,” pintanya.

Ia menegaskan para peserta menyampaikan aspirasi dan usulannya soal anggaran pembangunan yang rasional, Proposionsl, tepat sasaran, sehingga perencanaan sampai pelaksanaan tidak terjadi permasalahan nantinya.

Sejumlah ribuan usulan yang masuk harus ada skala prioritas, “Dalam menjaring aspirasi masyarakat harus bisa menjelaskan mana yang prioritas mana yang tidak. Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman dan kekecewaan masyarakat,” tegasnya.

Baca Juga :  Walikota Probolinggo, Silakan Mudik Asal Siap Dikarantina

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Habib Hadi kepada seluruh penyelenggara, kecamatan, kelurahan serta seluruh anggota LPM, Ketua RT/RW khususnya Kelurahan Pilang. Ia pun berharap kinerja dan kerja sama terus ditingkatkan agar dapat membuahkan manfaat bagi masyarakat Kota Probolinggo.

Ia menekankan bahwa kemampuan APBD memang terbatas sehingga tidak dapat memuaskan semua orang. Tetapi, ia berkeyakinan dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk merealisasikan harapan masyarakat melalui musrenbang karena merupakan kewajibannya selaku kepala daerah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. (Bambang)

Komentar