AHY Bagikan Sertifikat Tanah Wakaf Di Sidoarjo

News Satu, Sidoarjo, Sabtu 20 April 2024- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membagikan sertifikat tanah wakaf di Masjid Nurul Yusuf, Desa Durungbedug, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Sebanyak 10 sertifikat tanah wakaf diserahkan langsung oleh Menteri AHY kepada para nazir dan pengurus tanah wakaf. Sertifikat tersebut ditujukan untuk musala, masjid, serta sarana pendidikan.

“Penyerahan sertifikat masjid ini merupakan bagian dari pelaksanaan Gerakan Sertifikasi Rumah Ibadah dan Pesantren,” ujar AHY, Sabtu (20/4/2024).

Beliau menyampaikan bahwa sejak tahun 2017 hingga 2023, Kementerian ATR/BPN telah berhasil mensertifikasi tanah wakaf dan rumah ibadah sebanyak ± 243.000 bidang dari total ± 460.000 bidang.

Dalam periode tersebut, jumlah tanah yang berhasil disertifikasi terus mengalami peningkatan, dengan rata-rata ± 20.500 bidang tanah wakaf yang didaftarkan setiap tahunnya.

“Provinsi Jawa Timur sendiri mencatat capaian tertinggi dengan total ± 10.200 bidang tanah wakaf yang telah tersertifikasi,” tambahnya.

Menteri AHY berharap bahwa dengan menerima sertifikat tanah wakaf ini, warga atau pengurus Masjid tidak perlu khawatir menghadapi masalah hukum di masa mendatang, karena aspek legal formal telah terjamin dengan pemberian sertifikat.

“Dengan adanya langkah ini, diharapkan pula dapat meningkatkan kepastian hukum dan perlindungan terhadap aset-aset keagamaan, serta memberikan rasa aman dan kepercayaan bagi umat dalam menjalankan aktivitas keagamaan mereka,” pungkasnya. (Wik)

Komentar